Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi HOTS Dengan Pendekatan TPACK di SD Lingkungan Aliran Sungai
The Development of HOTS Oriented Student Worksheet With the TPACK Approach in Elementary School in The Watershed Environment
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4222Keywords:
LKPD, HOTS, TPACK, Daerah Aliran SungaiAbstract
Learning loss merupakan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran jarak jauh. Salah satu faktor terjadinya learning loss adalah guru tidak melakukan adaptasi terhadap bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan LKPD tentu diharapkan tidak hanya bisa mengaliminir terjadinya learning loss tetapi juga dapat memicu keaktifan, meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik atau Higher Order Thingking Skills dan penggunaan teknologi melalui pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik di pembelajaran Tematik Kelas IV SD Daerah Aliran Sungai. Model Pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yakni Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan akan ditelaah dan divalidasi oleh para ahli materi dan media. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah lembar validasi ahli dan lembar uji kepraktisan dan kelayakan produk LKPD. Hasil validasi materi memperoleh persentase 86,25% dengan kriteria sangat layak sedangkan hasil validasi media memperoleh persentase 85,83% dengan kriteria sangat layak. Setelah divalidasi, produk direvisi berdasarkan masukan dan saran untuk dilakukan uji coba. Dari hasil uji coba kemudian disebarkanlah instrument kepraktisan dan kelayakan produk kepada guru. Hasil yang dapatkan adalah LKPD mendapatkan persentase rata-rata 83,06% dengan kriteria sangat praktis dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV khusus pada tema 3 peduli terhadap lingkungan subtema 3 ayo cintai lingkungan. Sehingga diharapkan untuk kedepannya LKPD ini dapat digunakan untuk sekolah-sekolah lain di Kota Palangka Raya dan menjadi bahan referensi untuk peneliti selanjutnya.
Downloads
References
Arikunto, S., Sarifudin, A.J., & Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607-3613.
Bungai, J., Perdana, I., Kriswantara, G., & Oktaviandra, R. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berorientasi HOTS Dengan Pendekatan TPACK Bagi Guru di SMAN 6 Palangka Raya Tahun Pembelajaran 2021/2022. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(9), 2255-2262.
Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2020). Learning inequality during the COVID-19 pandemic. SocArXiv. October, 29.
Hayani, S. N., & Sutama, S. (2022). Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2871-2882.
Herlina, H. (2022). Pendekatan Saintifik-ICM Berbasis LKPD Tingkatkan Hasil Belajar IPS Materi Ekonomi Kreatif pada Kelas IXD SMPN 3 Cepiring. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(1), 24-36.
Locke, V. N., Patarapichayatham, C., & Lewis, S. (2021). Learning Loss in Reading and Math in US Schools Due to the COVID-19 Pandemic. Retrieved from https://www.istation.com/Content/downloads/studies/COVID19_Learning_Loss_USA.pdf.
Mardiani, F., & Pamungkas, A. S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi HOTS pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).
Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di SDN Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 328-336.
Rahmawati, L., & Afifah, D. S. N. (2019). Analysis of Critical Thinking from Student with Quantive Approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1339, No. 1, p. 012084). IOP Publishing.
Sugiyanto, R., Rahmawati, L., Ciciana, M., Fransiska, C., & Ayuningrum, S. F. (2021). Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Daring di SD Lingkungan DAS Desa Pahandut. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(02), 196-204.
Sugiyono. 2014. Merode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Terayanti, Y. A. (2020). Pengaruh pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus di masa pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Inklusi. OSF Preprints, 16 Dec. 2020 https://doi.org/10.31219/osf.io/qsn8w
Widodo, S. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Dari: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Laila Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License