Budaya Partisipatif Stakeholder Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Bermutu di SMP IT Al Ghazali Modern School Palangka Raya

Participatory Stakeholder Culture In Realizing Quality Schools In The Smp It Al Ghazali Modern School Palangka Raya

Authors

  • Ahmad Syarif Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4311

Keywords:

Budaya Partisipatif, Stakeholder internal, Mutu Sekolah

Abstract

Budaya partisipatif stakeholder internal di sekolah adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk mewujudkan sekolah yang bermutu sehingga perlu dijabarkan setiap komponennya. Penjabaran budaya parisipatif komponen stakeholder internal tersebut  meliputi guru, siswa, orang tua serta staff administrasi. Penelitian ini bertujuan menjabarkan budaya yang dibentuk masing-masing komponen stakeholder internal dalam mewujudkan sekolah yang bermutu di SMP IT Al Ghazali Modern School Palangka Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan melihat fenomena budaya partisipatif stakeholder internal sebagai objek dan komponen stakeholder internal sebagai subjek. Teknik pengumpulan data melalui obseravsi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini budaya partisipatif stakeholder internal dengan komponen guru, siswa, orang tua dan staff administrasi sekolah saling berhubungan satu sama lain dalam mewujudkan sekolah yang bermutu dan memiliki perbedaan karakteristik dengan sekolah-sekolah lain. Wujud dari budaya yang dimaksud meliputi budaya disiplin guru, tanggungjawab dengan tidak meninggalkan lingkungan sekolah, guru yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pengetahuan baik pokok maupun tambahan kepada siswa. Siswa yang memiliki tanggungjawab akademis dan aktualisasi diri melalui program dan kegiatan yang dicanangkan sekolah. Orang tua yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap sekolah yang diawali dengan pelibatan dalam berbagai kegiatan. Terakhir adalah staff yang professional dalam mengoganisasikan pekerjaan, transparan dan akuntabel dalam pencatatan administrasi keuangan yang bersumber dari siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kholis, Nur, ed al,. 2014. Mutu Sekolah Dan Budaya Partisipasi Stakeholders Studi Fenomenologi di Sekolah Konfesional MIN Tegalasri Wlingi Blitar, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2 (2): 130-142.

L. J. Moleong, 2006, Metode Penelitian Kualitataif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Marno, Supriyatno, 2008. Triyo, Manajemen dan Kepemimpinan Islam, Bandung, Refika Aditama.

Sergiovanni, T.J., 1987. The princhipalship: A Reflective Practice perpective, Boston, Allyn an Bacon. Inc.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung, Sinar Baru Bandung.

Zamroni. 2001. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf publishing.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Syarif, A. (2022). Budaya Partisipatif Stakeholder Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Bermutu di SMP IT Al Ghazali Modern School Palangka Raya: Participatory Stakeholder Culture In Realizing Quality Schools In The Smp It Al Ghazali Modern School Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 31–35. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4311