Budaya Partisipatif Stakeholder Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Bermutu di SMP IT Al Ghazali Modern School Palangka Raya
Participatory Stakeholder Culture In Realizing Quality Schools In The Smp It Al Ghazali Modern School Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4311Keywords:
Budaya Partisipatif, Stakeholder internal, Mutu SekolahAbstract
Budaya partisipatif stakeholder internal di sekolah adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk mewujudkan sekolah yang bermutu sehingga perlu dijabarkan setiap komponennya. Penjabaran budaya parisipatif komponen stakeholder internal tersebut meliputi guru, siswa, orang tua serta staff administrasi. Penelitian ini bertujuan menjabarkan budaya yang dibentuk masing-masing komponen stakeholder internal dalam mewujudkan sekolah yang bermutu di SMP IT Al Ghazali Modern School Palangka Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan melihat fenomena budaya partisipatif stakeholder internal sebagai objek dan komponen stakeholder internal sebagai subjek. Teknik pengumpulan data melalui obseravsi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini budaya partisipatif stakeholder internal dengan komponen guru, siswa, orang tua dan staff administrasi sekolah saling berhubungan satu sama lain dalam mewujudkan sekolah yang bermutu dan memiliki perbedaan karakteristik dengan sekolah-sekolah lain. Wujud dari budaya yang dimaksud meliputi budaya disiplin guru, tanggungjawab dengan tidak meninggalkan lingkungan sekolah, guru yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pengetahuan baik pokok maupun tambahan kepada siswa. Siswa yang memiliki tanggungjawab akademis dan aktualisasi diri melalui program dan kegiatan yang dicanangkan sekolah. Orang tua yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap sekolah yang diawali dengan pelibatan dalam berbagai kegiatan. Terakhir adalah staff yang professional dalam mengoganisasikan pekerjaan, transparan dan akuntabel dalam pencatatan administrasi keuangan yang bersumber dari siswa.
Downloads
References
Kholis, Nur, ed al,. 2014. Mutu Sekolah Dan Budaya Partisipasi Stakeholders Studi Fenomenologi di Sekolah Konfesional MIN Tegalasri Wlingi Blitar, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2 (2): 130-142.
L. J. Moleong, 2006, Metode Penelitian Kualitataif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Marno, Supriyatno, 2008. Triyo, Manajemen dan Kepemimpinan Islam, Bandung, Refika Aditama.
Sergiovanni, T.J., 1987. The princhipalship: A Reflective Practice perpective, Boston, Allyn an Bacon. Inc.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung, Sinar Baru Bandung.
Zamroni. 2001. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Syarif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License