Pengaruh Media Quiziz Terhadap Aspek Menulis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

The Influence of Quiziz Media on the Writing Aspects of Grade IV Elementary School Students

Authors

  • Radikah Roudhotul Janah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vevy Liansari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.5105

Keywords:

Media Quiziz, Aspek Menulis, Teknologi

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi dapat mempengaruhi manusia dan dapat dirasakan serta mempengaruhi kehidupan seseorang. Dalam pendidikan, teknologi memiliki dampak yang sangat positif pada pembelajaran. Media pembelajaran adalah media yang dibuat oleh guru untuk digunakan dalam terciptanya interaksi yang membantu dalam kegiatan belajar ketika dilaksanakan di luar ruangan ataupun di dalam ruangan. Oleh karena itu, dalam penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting. Media quiziz adalah program permainan quiziz interaktif yang diintegrasikan ke dalam permainan bisa menjadi alat bantu guru dalam pembelajaran (Solikah 2019). Media quiz juga berguna sebagai alat bantu dalam memberikan nilai pada saat memberikan nilai terkait pemahaman dari peserta didik selama pembelajaran yang diberikan oleh guru. Penilaian pembelajaran yang akan dilakukan dapat menjadi hal yang membosankan bagi siswa, ketika penilaian didasarkan pada teks yang dibacakan oleh guru di depan para siswa. Pembelajaran menulis mempunyai tujuan yaitu, diharapkan siswa mampu mengisyaratkan dari pendapat, pengetahuan dan pikiran ke dalam bentuk tulis bukan hanya cenderung menulis. Dengan begitu, memudahkan siswa untuk dapat mengembangakan setiap kreativitas yang dimiliki sebagai alat ketika digunakan di berbagai metode dalam pembelajaran. Sehingga keterampilan menulis dapat dihubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki setiap siswa dalam mencari sebuah informasi yang baru. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode retrospektif. Penelitian kuantitatif ini merupakan penelitian yang mengumpulkan data berupa angka yang diolah dan dianalisis dalam mendapatkan sebuah informasi. Sehingga penelitian dapat mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki pada peserta didik kelas IV di sekolah dasar. Instrumen ini yang digunakan dalam penelitian ini yaitu. Aspek yang dinilai dalam tes menulis antara lain: 1. Penggunaan huruf yang benar, 2. Penggunaan tanda baca yang tepat, 3. Pilih kata, 4. Keruntutan kalimat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Radikah Roudhotul Janah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Vevy Liansari, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

A. Hudaya, “Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik,” Research and Development Journal Of Education, Vol. 4, No. 2, 2018. Hal. 18

Andi Achru, “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran,” Jurnal Idaarah, Vol. 3, No. 2, 2019. Hal. 212

C. A. Citra and B. Rosy, “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran JPAP, vol. 8, no. 2, pp. 261–272.

C.A. Citra dan Rosy B, “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quiziz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol.8, No. 2, 2020, Hal. 261.

D. S. Sitorus and T. N. B. Santoso, “Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19,” Sch. J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 81–88.

H. Solikah, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo, pp. 1-8.

H. Solikah, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo, pp. 1-8.

H. Utomo, “Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang,” vol. 1, no. 3, 2020.

M. M. Moto, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 20–28.

M. Sodiq, H. Mahfud, F. P. Adi, K. Surakarta, and K. Surakarta, “Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web ‘Quizizz’ sebagai media pembelajaran di sekolah dasar”.

N. Abdullah, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis Dengan Penggunaan Modelkooperatif Learning Tipe Stad,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 2, no. 2, pp. 220.

R. Eka, Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Melaksanakan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makasar, pp. 1-101.

Ristinae, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Baca Pada Siswa Kelas II SDN 3 Telangkah Melalui Model Pembelajaran Menyanyi: Efforts to Improve Writing and Reading Skills for Second Grade Students of SDN 3 Steps Through Singing Learning Model. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 46-55.

S. Putrawangsa and U. Hasanah, “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika,” vol, 16, no. 1, pp. 1-13.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Y. I. Aini, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah di Bengkulu,” vol. 2, no. 25, pp. 1-6.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Janah, R. R., & Liansari, V. (2023). Pengaruh Media Quiziz Terhadap Aspek Menulis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar: The Influence of Quiziz Media on the Writing Aspects of Grade IV Elementary School Students. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 128–135. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.5105