Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Padapeserta Didik Kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.554Keywords:
Hasil belajar, IPA, Pendekatan SaintifikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik, (2) meningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 10 orang peserta didik, 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dengan perolehan nilai dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, ini dapat dilihat dari rata-rata pra tindakan = 52 rata-rata siklus I = 71 dan siklus II = 83,5 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Downloads
References
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wahyudin,Din.,dkk. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: UniversitasTerbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License