Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 5 Menteng
Problems Of Online Learning Mathematics Class V At Sd Negeri 5 Menteng
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3056Keywords:
Problematika Pembelajaran, Daring, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran daring mata pelajaran matematika masih kurang efektif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka secara langsung. Terutama Konten materi yang disampaikan secara daring belum tentu dipahami semua peserta didik. Kemampuan guru terbatas dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran daring. Keterbatasan guru dalam melakukan kontrol saat berlangsungnya pembelajaran daring. Hal ini antara lain disebabkan aplikasi yang digunakan tidak menyajikan menu forum diskusi untuk menjelaskan atau menyampaikan materi.
Peserta didik tidak memiliki perangkat Handphone/gadget yang digunakan sebaagai media pembelajaran daring. Kalaupun ada, itu milik orang tua mereka. Jika belajar daring, mereka harus bergantian menggunakannya dengn orang tua mereka dan mendapat giliran setelah orang tua pulang bekerja. Pendekatan yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa problematika pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 5 Menteng Kota Palangka Raya. Yaitu, peserta didik masih kesulitan menggunakan aplikasi classroom kadang mereka merasa kebinggungan mencari materi atau tugas yang diberikan oleh guru melalui aplikasi tersebut , alat elektronik penunjang pembelajaran daring seperti handphone karna orang orang tua peserta didik yang menggunakan handphone yang bukan android, peserta didik yang kehabisan kuota internet saat melaksanakan pembelajaran daring dan jaringan HP yang lelet. Faktor-faktor inilah yang memunculkan problematika pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 5 Menteng.
Downloads
References
Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi Vol 2, No 1. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia.
Basrowi, dan Suwandi 2008 127-132. Memahami penelitian kualitatif . (PT.RINEKA CITRA, Jakarta).
Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Bulan Bintang, 2002), 276 .
Hasmirah, 2016, Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Tunarungu Kelas III Di SLB YPAC Makassar : Unuversitas Negri
I.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang. E-book Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, Vol. 10 No 3, September2020 : 282-289
Ismail. 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
M. Djamal. 2015. Pradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Mitra Pustaka
Makassar (Diakes pada tanggal 3 Januari 2019 Pukul 09:46 PM).
Muhsetyo, ddk, 2007, Pembelajaran Matematika SD, Jakarta : Universita Terbuka.
Muklehesi, (2015) Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Ety.
Nandang Sarip Hidayat.2012.Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Akademika, Vol. 37.1:83.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta:Bina Aksara, 1995), 28.Pendidikan. Porwodadi/Grobogan, Jawa Tengah ; CV Samuuntung
Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknolgi Pendidikan, Vol. 1, No. 1, (46-62). Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Surabaya. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.
Setiawan Andi M dan Diplan. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. 1:203.
Sugiono, 2016. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sumasno Hadi. 2016. Pemeriksaan Keabsahan Data Peneliatian Kualitatif Pada Skripsi Jurnal Ilmu Pendidikan, Jidil 22 No 1, Hal. 74-79
Syukir, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islami, (Surabaya : Al-Ikhlas, 1983), 65
Tim Bina Karya Guru :2006 , Terampil Berhitung Matematika Untuk SD Kelas VI, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License