Penerapan Model Pembelajaran CTL TIPE MAKE – A MATCH Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Dan Lingkungan Di Kelas III SDN – 9 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.562Keywords:
Hasil belajar, IPA, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran CTL Tipe – A Match, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A Match pada peserta didik Kelas III SDN-9 Langkai Palangka Raya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A Match dengan skor pada siklus I yaitu 19,8 dengan persentase 71% dalam kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II mencapai skor 24,2 dengan persentase 86% dalam kategori sangat baik.(2) Hasil belajar IPA peserta didik meningkat setelah menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A, hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal dengan rata-rata 62,8 ketuntasan klasikal 44%, siklus I dengan rata-rata 75,6 ketuntasan klasikal 64%, siklus II dengan rata-rata 88,3 ketuntasan klasikal 94%.
Downloads
References
Sulistiawati. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Di SDN Hapalan Kabupaten Katingan. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License