Penerapan Model Pembelajaran CTL TIPE MAKE – A MATCH Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Dan Lingkungan Di Kelas III SDN – 9 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Winda Ariska Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.562

Keywords:

Hasil belajar, IPA, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran CTL Tipe – A Match, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A Match pada peserta didik Kelas III SDN-9 Langkai Palangka Raya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A Match dengan skor pada siklus I yaitu 19,8 dengan persentase 71% dalam kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II mencapai skor 24,2 dengan persentase 86% dalam kategori sangat baik.(2) Hasil belajar IPA peserta didik meningkat setelah menerapkan model pembelajaran CTL Tipe Make – A, hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal dengan rata-rata 62,8 ketuntasan klasikal 44%, siklus I dengan rata-rata 75,6 ketuntasan klasikal 64%, siklus II dengan rata-rata 88,3 ketuntasan klasikal 94%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Winda Ariska, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Staregi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Sulistiawati. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Di SDN Hapalan Kabupaten Katingan. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2016-11-23

How to Cite

Ariska, W., & Rahmaniati, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran CTL TIPE MAKE – A MATCH Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Dan Lingkungan Di Kelas III SDN – 9 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.562