Kreativitas Guru Dalam Menggunaan Media Pembelajaran Matematika Kelas IV

Teacher Creativity in Use of Learning Media Mathematics Class IV

Authors

  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Made Clara Septiana Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4480

Keywords:

Kreativitas guru, Pembelajaran Matematika, Menggunakan Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 5 Langkai, peserta didik kelas IV dan kepala sekolah SDN 5 Langkai Pengumpulan data yaitu dengan observasi untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran yang meliputi aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas peserta didik dalam belajar, wawancara untuk mencari informasi atau mengetahui bentuk kreativitas guru terhadap media pembelajaran dan respon peserta didik terhadap media yang digunakan, dan dokamentasi untuk mendokumentasikan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IV di SDN 5 Langkai masuk dalam kriteria baik saat berkreativitas menggunakan media pembelajaran matematika. Ada 4 komponen indikator dari kreativitas guru yaitu kelancaran berpikir, kemampuan berpikir luwes, kemampuan berpikir orisinil, dan kelancaran berpikir rinci atau memerinci. Namun tidak semua komponen tersebut dimiliki secara maksimal diantaranya kurangnya alternatif penggunaan media dan media yang digunakan sangat sederhana dan bukan hasil pemikiran sendiri. Meskipun demikian, guru tetap berusaha untuk menggunakan media meskipun hanya menggunakan bahan – bahan yang ada disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Made Clara Septiana, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dedy Setyawan , Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arifi, A.,ddk. (2017). Mengembangkan Potensi Melejitkan Kreativitas Guru Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.

Artika,M.N.W.D. ( 2017). Hungan Antara Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran Pada Siswa Kelas VII B SMP Kanisius Sleman Tahun Ajaran 2016/2017.Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Bara, A.F. (2020). Analisis jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika dengan materi penafsiran penjumlahan pengurangan pecahan kelas IV di SDN Langka : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Diplan dan Setiawan, A. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Jawa Tengah : CV. Sarnu untung.

Djamal, M. (2017). Paragigma penelitian kualitatif. Yogyakarta : Mitra pustaka.

Hadzam, N.R. (2020). Strategi Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. Jurnal Menata.

Haris Firmansyah, Hendra Sulistiawan, M. (2021). INTERNALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TRADISI ROBO-ROBO DI SEKOLAH DASAR. Tunas : Jurnal Guru Sekolah Dasar, 7(1), 9–16

Hasibuan, Eka.(2018).Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasa Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Jurnal Pendidikan dan Matematika.

Hasratuddin. (2019). Membangun karakter melalui pembelajaran matematika. Jurnal pendidikan Matematika Paradikma.

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara Observasi Dan Fokus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif . Jakarta. PT Rajawali Press.

Heriansyah. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang): Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hikam,I.(2017). Peran guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di MTs Negeri 12 Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hosnan. (2016).Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bogor: Ghalia Indonesia.

Junaedi, I. Dkk. (2012). Keefektifan Implementasimodel Pembelajaran Problem Posing Dan Creativebproblenm Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Di SMP N 1 Tanggerang: Unnes Journal Of Mathematics Education

Kaelan. (2012). Metode penelitian kualitatif interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Margono, S. (2014).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Miftah, M. (2013). Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Juranl Teknologi Pendidikan.

Monica, Lisa. (2020). Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Tematik Kelas III Di SDN 2 Kasongan Baru Pada Masa Pandemi Covid – 19 Tahun Ajaran 2020/2021: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Munandar, Utami.(2014).Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhanifah, S. (2018). Kreativitas Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di Tk B Tkit Raudhatul Jannah Bogor Tahun Ajaran 2018/2019: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Oktavia, Y. (2014). Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Disekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Purwono, J. dkk. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mapel IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Rukaensih A.M & Ucu Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Ruzniar, R. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Geometric Dissections Materi Segi Empat Di Sekolah Mengengah Pertama.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian Kualitatif Dasar – dasar. Jakarta Barat: PT.Indeks

Siagian, M.D.(2016).Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. Journal of mathematics education and science.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2016).metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D. Bandung : Alfabeta.

Supartini, M.(2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreatifitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Manyangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan.

Tim penyusun.(2021).Buku pedoman penulisan skripsi.Palangka Raya: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Puspita, A. M., Utomo, E., & Purwanto, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 55–65. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3194

Wulandari, N. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 01 Randusongo Ngawi: Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo.

Zaki, A & Diyan, Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Rahmaniati, R., Septiana, M. C., & Setyawan , D. (2022). Kreativitas Guru Dalam Menggunaan Media Pembelajaran Matematika Kelas IV: Teacher Creativity in Use of Learning Media Mathematics Class IV. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4480

Most read articles by the same author(s)