Implementasi Model Pembelajaran Kumon Berbantuan Media Manipulatif Guna Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sdn 2 Panarung
Implementation Of The Kumon Learning Model Assisted By Manipulative Media To Increase Mathematics Learning Outcomes In Class V At SDN 2 Panarung
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2976Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kumon, Media ManipulatifAbstract
Penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan meningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan Model Pembelajaran Kumon berbantuan Media Manipulatif pada mata pelajaran Matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Panarung Kuala Kapuas. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Panarung Kuala Kapuas yang terdiri dari 9 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I terjadi sedikit peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata peserta didik menjadi 71,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,78% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 96,1 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 100%, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan teruji kebenarannya.
Downloads
References
Cahyadi, A. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Kota Serang Baru (KSB) : Penerbit Laksita Indonesia bekerja sama dengan PIU UIN Antasari Banjarmasin
Diplan & Setiawan, Andi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Yogyakarta : Deepublish
Febri Endra B. S. 2017. Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Sidoarjo : Zifatama Jawara
Hastuti, I. D. & Susarto. 2018. Bahan Manipulatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Mataram : LPP Mandala
Indrianti, Mirna, Irma I. Dan Niki A. R. 2017. Buku pegangan Guru : Buku matematika. Klaten : PT Intan Pariwara
Netriwati & Lena, M. S. 2017. Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung : Permata Net
Nugraha, M. F., dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jawa Barat : Edu Publisher
Nurani, Yuliani., Hartati, S., & Sihadi. 2020. Memacu Kreatifitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta Timur : PT Bumi Aksara
Putri, H. E. & Muqodas, Idat. 2019. Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kecemasan Matematis, Self-Efficacy Matematis, Instrumen dan Rancangam Pembelajarannya. Jawa Barat : UPI Sumedang Press
Sari, Kurnia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Menjemur Kaos Berbasis Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II-A Di SDN-5 Panarung Palangkaraya tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya : Palangkaraya
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Suryani, N. dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group
Tumijan P. 2017. Hafal Mahir Teori dan Rumus Matematika SD/MI kelas 4,5,6. Jakarta : PT Grasindo
Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika SD. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License