Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada Peserta Didik Kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.904Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Model Problem Based Learning (PBL), Berbantuan Media Kartu PecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas peserta didik dalam belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan berbantuan media kartu pecahan pada kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan berbantuan media kartu pecahan pada kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal yang berjumlah 21 orang peserta didik, yaitu laki-laki 13 orang peserta didik dan perempuan 8 orang peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya menjadikan peserta didik menjadi baik. Pada siklus I skor yang diperoleh 2,80 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,74 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Berbantuan Media Kartu Pecahan, hal ini dapat dilihat dari tes awal diperoleh nilai rata-rata 44,76 dengan ketuntasan klasikal 38,09%, siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,19 dengan ketuntasan klasikal 61,90% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 91,42 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Downloads
References
Kartini, N, H, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learniang Dengan Metode Debat Terhadap Keterampilan Bertanya Mahasiswa Mata Kuliah Ilmu Kealaman Dasar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License