Penerapan Metode Permainan Dengan Menggunakan Media Tutup Botol Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II MIS Miftahul Huda 1 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.560Keywords:
Hasil Belajar, Metode Permainan, Media Tutup Botol PerkalianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode permainan menggunakan media tutup botol di kelas II MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan jumlah subjek penelitian 35 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus tiap proses pembelajaran di kelas II MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1). Aktivitas peserta didik menjadi lebih aktif pada saat pembelajaran Matematika dengan menerapkan metode permainan menggunakan media tutup botol. Pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 35,8 dengan kriteria baik, kemudian pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh peserta didik meningkat menjadi 45,8 dengan kriteria sangat baik. (2).Ada peningkatan hasil belajar Matematika dengan menerapkan metode permainan menggunakan media tutup botol perkalian pada peserta didik kelas II MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya.Nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,3 dengan ketuntasan klasikal 71,4%, kemudian nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 85,3 dengan ketuntasan klasikal 94,3%.
Downloads
References
Prabowo, S, dan Puji Rahayu. 2006. Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI Press.
Yuliani, Nurani. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Bandung : Indeks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License