Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Menjadi Bata Beton

  • Kamaliah Kamaliah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Sampah, pasir, uji kuat tekan, paving blok

Abstract

Sampah juga merupakan masalah besar bagi negara Indonesia saat ini karena belum mendapatkan penyelesaian yang baik, sehingga meningkatkan jumlah timbunan sampah ditempat pembuangan. Sampah juga menjadi masalah yang kompleks dan susah ditanggulangi, termasuk sampah plastik. Plastik mulai digunakan sekitar 50 tahun lalu hingga kini diperkirakan adalah lebih 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia setiap tahunnya. Sampah plastik merupakan sampah dengan jumlah paling banyak dan memiliki sifat biodegradability (sulit terurai oleh alam). Dari berbagai macam jenis plastik, plastik yang paling banyak dibuang ke lingkungan adalah jenis polyethylene dan juga PET (polyethylene Terephtalate) yang biasanya dalam bentuk kantong plastic dan botol plastik. Penelitian terdahulu menyatakan plastik dapat dimanfaatkan menjadi material kontruksi dan jalan seperti aspal dan beton. Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil nilai keseluruhan untuk penelitian di atas yaitu umur 28 hari yang mana nilai tertinggi adalah pada perlakukan jenis Pasir, LDPE dan PET konsentrasi 20%,20%, 60% dengan nilai 404 kg/cm2 (mutu A), sedangan nilai penelitian yang terendah adalah jenis PET konsentrasi 100% dengan nilai 161 kg/cm2 (mutu C). Dari hasil penelitian dapat dikatakan hampir semua perlakuan bisa memenuhi standar SNI untuk komposisi kuat tekan. Penelitian ini tidak melakukan uji penyerapan air dan uji density karena dalam proses pengerjaannya tidak menggunakan bahan air untuk campuran bahan paving blok/bata beton. Tetapi dalam perlakuan untuk sampel penelitian 7, 14, 21, dan 28 hari dilakukan proses perendaman namun hasil penelitian yang didapat adalah nilai tetap dari nilai hasil awalnya sehingga tidak dilakukan perhitungan uji penyerapan air.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kamaliah Kamaliah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Azkha N., 2006, Analisis Timbulan, Komposisi, dan karakteristik sampah di kota Padang, Jurnal Kesehata Masyarakat.
Suprapto, 2005, Dampak masalah sampah terhadap kesehatan masyarakat, Jurnal Mutiara Kesehatan Indonesia.
Appiah, J.K., 2017, Use of waste plastic material for road construction in Ghana. Case Studiesien Construction material, 6, 1-7.
Badan Standar Nasional, 2002, Tata cara campuran beton ringan dengan Agregrat Ringan SNI 03-3449-2002. Jakarta, Badan Standar Nasional.
Rommel, E., 2017, Pembuatan Beton Ringan dari Aggregat Buatan Berbahan Plastik, Jurnal GAMMA, 9 (1).
Suharman,E., Herwan,Y., 2011, Pengaruh Strategi Penyuluhan dan Motivasi Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan Terhadap Pengetahuaan Ibu Rumah Tangga tentang Sampah. Jurnal Bumi Lestari.
Published
2019-08-12
How to Cite
Kamaliah, K. (2019). Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Menjadi Bata Beton. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 4(2), 41-46. https://doi.org/10.33084/mitl.v4i2.1063

Most read articles by the same author(s)