Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Melalui Penerapan Teknik Perkalian Dengan Kalkulator Jari

Improving Mathematics Learning Outcomes For Class III Students Through The Application Of Multipurpose Techniques With Finger Calculators

  • Samiah Samiah SDN 2 AMPAH
Keywords: Hasil Belajar, Teknik Perkalian Kalkulator Jari

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Ampah.Subjek penelitiannya ialah siswa kelas III yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 14 siswa laki – laki dan 18 siswa perempuan. Dari hasil tes awal di peroleh skor tingkat ketercapaian 38,7%(sangat kurang Tercapai). Agar hasil belajar  siswa meningkat sesuai tujuan yang diharapkan yaitu kriteria keberhasilan murid 60 %, maka perlu dilakukan tindakan kelas melalui kalkulator jari dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan.

Setelah diberikan pembelajaran melalui kalkulator jari dengan bantuan LKS diperoleh bahwa proses pembelajaran dan hasil akhir semua siswa telah mencapai kriteria yang telah ditentukan.  Tingkat ketercapaian  siswa pada siklus I adalah 59,3% (cukup tercapai) sehingga dapat dikatakan meningkat.  Pada siklus II tingkat ketercapaian belajar siswa adalah 74,3% (tercapai), sehingga dapat dikatakan sudah meningkat. Pada akhir setiap siklus hasil belajar siswa mengalami peningkatan karena selama proses belajar mengajar berlangsung siswa sangat aktif dalam mengikuti  pelajaran sehingga dengan mudah memahami materi yang sedang diajarkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan kalkulator jari pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga membuat siswa menjadi senang belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Samiah Samiah, SDN 2 AMPAH

References

Arikunto, S (1993). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. jakarta
Depdiknas. 2004. Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Bidang Studi Matematika SD. Jakarta.
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT. Gramedia Widiasana Indo. Jakarta.
Hadoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP. Malang.
Hasibuan, JJ, Drs, dkk. 1993. Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Messeldorp.1988. Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Miranda,R. Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa kelas IV SD. Skripsi. Tidak diterbitkan.Palangka raya : Universitas Palangka Raya.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Niddia Jayanti dan Dedy Setyawan. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada Peserta Didik Kelas V/B SDN-2 Bukit. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4:2(1-8).
Polla. 2001. Upaya Menciptakan pengajaran Matematika yang menyenangkan. Bulletin Pelangi Pendidikan Vol.4 NO.2 tahun 2001.
Rizki Nur Anisa dan Agung Riadin. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3:1(53-61).
Ruseffendi, ET. 1980. Pengajaran Matematika Modern. Tarsito. Bandung
Rusyan, tabrani. A, dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. CV RemajaRosda Karya. Bandung.
Saridiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.
Sidabutar.2003. Prosedur dan Strategi penelitian. Tarsito .Bandung
Tim Penyusun Matematika. 1996. Terampil Dalam Matematika 1. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Solo.
Wazkitri, 1990. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Tarsito. Bandung.
Published
2022-03-31
How to Cite
Samiah, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Melalui Penerapan Teknik Perkalian Dengan Kalkulator Jari. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 38-45. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3401