EFEKTIFITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPHY UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA

The Effectiveness Of Cognitive Behavior Theraphy To Reduce Students' Examination Anxiety Level

Authors

  • Esty Aryani Safithry Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.4094

Keywords:

Kecemasan Menghadapi Ujian, Cognitive Behavior Therapy, Relaksasi Restukturisasi

Abstract

Dalam memantau perkembangan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang pendidikan, maka pada periode tertentu diadakan ujian atau tes. Pentingnya ujian ini menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran dan dapat digunakan sebagai bentuk evaluasi dari proses pembelajaran. Namun di sekolah ada beberapa siswa yang merasa khawatir dan tidak siap. Hal itu mengakibatkan kecemasan yang disebut dengan test anxiety atau kecemasan akan ujian.

Salah satu intervensi yang disarankan untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diatas adalah dengan pengunaan Cognitive-Behavioral Therapy karena melalui terapi ini seseorang diajari bagaimana memahami bahwa adanya hubungan antara emosi, pikiran dan perilaku yang dihasilkan, serta melalui terapi ini dapat membantu menghilangkan pemikiran negatif seseorang.  Tujuan pelitian ini adalah untuk mengetahui apakah cognitive behavior theraphy dapat menurunkan tingkat kecemasan menghadapi ujian pada siswa SMA yang dikhususkan pada mata pelajaran matematika

Rancangan Penelitian menggunakan Single case yang merupakan penelitian yang intensif mengenai individu. Selain itu single case adalah penelitian yang biasa diterapkan oleh kalangan klinis. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A pada dasarnya melibatkan fase baseline (A) dan fase perlakuan (B). Penelitian ini dilakukan pada 5 orang subyek. Metode asesmen data mengunakan daftar riwayat hidup, observasi, wawancara dan skala kecemasan menghadapi ujian. Teknik terapi terdiri dari teknik relaksasi dan rekonstruksi kognitif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan terapi perilaku kognitif (cognitive behavioral theraphy) yang diberikan dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan mengahadapi ujian pada siswa. grafik dapat dilihat bahwa selama sesi 1-sesi 7 skor menunjukan adanya penurunan tingkat kecemasan menghadapi ujian pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Esty Aryani Safithry, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abida, L., Eva, N., & Farida, I. A. (2021). Efektivitas Terapi Kognitif Perilaku Terhadap Kecemasan Akademik Mahasiswa pada Tugas Akhir: Tinjauan Literatur. Seminar Nasional Psikologi UM.
Antonia N Kaczkurkin, & Edna B Foa. (2015). Cognitive-behavioral therapy for anxiety disorders: an update on the empirical evidence. Dialogues in Clinical Neuroscience, 17(3), 337–346. https://doi.org/10.31887/DCNS.2015.17.3/akaczkurkin
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Ashcraft, M. H., & Moore, A. M. (2009). Mathematics Anxiety and the Affective Drop in Performance. Journal of Psychoeducational Assessment, 27(3), 197–205. https://doi.org/10.1177/0734282908330580
Beck, J. S. (2011). Cognitive behavior therapy : basics and beyond (2nd ed.). The Guilford Press.
Dahbi, M. (2015). Training EFL students on relaxation techniques to manage test taking anxiety: An action research project. International Journal of English Language Teaching, 2(1), 61–67.
Dowker, A., Sarkar, A., & Looi, C. Y. (2016). Mathematics Anxiety: What Have We Learned in 60 Years? Frontiers in Psychology, 7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00508
Fernández, E. N., & Barraca, J. (2017). Behavioral activation versus cognitive restructuring to reduce automatic negative thoughts in anxiety generating situations. Psicothema 2017, 29(2), 172–177. https://doi.org/10.7334/psicothema2016.325
Hofmann, S. G., Asnaani, A., Vonk, I. J. J., Sawyer, A. T., & Fang, A. (2012). The Efficacy of Cognitive Behavioral Therapy: A Review of Meta-analyses. Cognitive Therapy and Research, 36(5), 427–440. https://doi.org/10.1007/s10608-012-9476-1
Huntley, C. D., Young, B., Tudur Smith, C., & Fisher, P. L. (2020). Uncertainty and test anxiety: Psychometric properties of the Intolerance of Uncertainty Scale – 12 (IUS-12) among university students. International Journal of Educational Research, 104, 101672. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101672
Juliawati, D., Tri, R. A., Hengki, & Alfaiz, Y. (2019). Efektivitas Relaksasi Teknik Meditasi untuk Membantu Siswa Mengatasi Stres sebelum Menghadapi Ujian Nasional. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 37–45.
Karjanto, N., & Yong, S. T. (2013). Test anxiety in mathematics among early undergraduate students in a British university in Malaysia. European Journal of Engineering Education, 38(1), 11–37. https://doi.org/10.1080/03043797.2012.742867
Kivi, G., S, R., & Kiani. (2015). Effectiveness of cognitive restructuring and proper study skills in the reduction of test anxiety symptoms among students in Khalkhal Iran. American Journal of Educational Research, 3(10), 1230–1236.
Knappe, S., Beesdo-Baum, K., Fehm, L., Stein, M. B., Lieb, R., & Wittchen, H.-U. (2011). Social fear and social phobia types among community youth: Differential clinical features and vulnerability factors. Journal of Psychiatric Research, 45(1), 111–120. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2010.05.002
Larson, H. A., Yoder, A. M., Shannon Brucker, Jiwon Lee, & Washburn, F. (2011). Effects of Relaxation and Deep-Breathing on High School Students. Journal of Counseling in Illinois.
Mailizar, M., Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860. https://doi.org/10.29333/ejmste/8240
Nia, K. A., Tahmasebian, H., & Kakabaraee, K. (2014). Comparing Effectiveness of Methods of Training the Mind and Cognitive Restructuring Techniques to Reduce Anxiety in Students. World Applied Programming, 4(3).
Nurhidayati, E., & Firmanto. (2017). Efektifitas Teknik Relaksasi Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Kelas XII SMA Pusaka 1 Jakarta Dalam Menghadapi Ujian.
Nurlela, & Jannati, Z. (2019). Relaxation Technique within Group Counseling to Reduce Student’s Anxiety on Facing Exam. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 33–39.
Nurnaningsih. (2020). Teknik Relaksasi Progresive Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik, 4(2).
Nwokolo, C., Obianuju, M., Umezulike, B., & Ekwutosi, R. (2017). Effects of Progresive Muscle Relaxation Technique on Test Anxiety among Secondary School Students. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 1–10.
Putwain, D. W., & von der Embse, N. P. (2021). Cognitive–behavioral intervention for test anxiety in adolescent students: do benefits extend to school-related wellbeing and clinical anxiety. Anxiety, Stress, & Coping, 34(1), 22–36. https://doi.org/10.1080/10615806.2020.1800656
Putwain, D. W., Stockinger, K., von der Embse, N. P., Suldo, S. M., & Daumiller, M. (2021). Test anxiety, anxiety disorders, and school-related wellbeing: Manifestations of the same or different constructs? Journal of School Psychology, 88, 47–67. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2021.08.001
Putwain, D., & Daly, A. L. (2014). Test anxiety prevalence and gender differences in a sample of English secondary school students. Educational Studies, 40(5), 554–570. https://doi.org/10.1080/03055698.2014.953914
Safithry, E. A. (2021). Kecemasan Menghadapi Ujian Matematika Pada Siswa SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangkarya. Laporan Hasil Penelitian Program Studi Bimbingan Dan Konseling UM Palangkaraya.
Segool, N. K., Carlson, J. S., Goforth, A. N., von der Embse, N., & Barterian, J. A. (2013). Heightened Test Anxiety Among Young Children: Elementary School Students’ Anxious Responses To High-Stakes Testing. Psychology in the Schools, 50(5), 489–499. https://doi.org/10.1002/pits.21689
Shikatani, B., Antony, M. M., Kuo, J. R., & Cassin, S. E. (2014). The impact of cognitive restructuring and mindfulness strategies on postevent processing and affect in social anxiety disorder. Journal of Anxiety Disorders, 28(6), 570–579. https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2014.05.012
Thomas, C. L., Cassady, J. C., & Finch, W. H. (2018). Identifying Severity Standards on the Cognitive Test Anxiety Scale: Cut Score Determination Using Latent Class and Cluster Analysis. Journal of Psychoeducational Assessment, 36(5), 492–508. https://doi.org/10.1177/0734282916686004
Vanstone, D. M., & Hicks, R. E. (2019). Transitioning to university: Coping styles as mediators between adaptive-maladaptive perfectionism and test anxiety. Personality and Individual Differences, 141, 68–75. https://doi.org/10.1016/j.paid.2018.12.026
von der Embse, N., Jester, D., Roy, D., & Post, J. (2018). Test anxiety effects, predictors, and correlates: A 30-year meta-analytic review. Journal of Affective Disorders, 227, 483–493. https://doi.org/10.1016/j.jad.2017.11.048
Wardiana, U., & Sandhya, A. R. (2019). Pengaruh Relaksasi Meditasi Gelembung Pikiran Terhadap Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMA/Sederajat Kelas XII di Tulungagung. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1).

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Safithry, E. A. (2022). EFEKTIFITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPHY UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA: The Effectiveness Of Cognitive Behavior Theraphy To Reduce Students’ Examination Anxiety Level. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.4094