Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 5 Menteng

Problems Of Online Learning Mathematics Class V At Sd Negeri 5 Menteng

  • Agung Riadin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Hestya Monica Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Problematika Pembelajaran, Daring, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran daring mata pelajaran matematika masih kurang efektif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka secara langsung. Terutama  Konten materi yang disampaikan secara daring belum tentu dipahami semua peserta didik. Kemampuan guru terbatas dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran daring. Keterbatasan guru dalam melakukan kontrol saat berlangsungnya pembelajaran daring. Hal ini antara lain disebabkan aplikasi yang digunakan tidak menyajikan menu forum diskusi untuk menjelaskan atau menyampaikan materi.

Peserta didik tidak memiliki perangkat Handphone/gadget yang digunakan sebaagai media pembelajaran daring. Kalaupun ada, itu milik orang tua mereka. Jika belajar daring, mereka harus bergantian menggunakannya dengn orang tua mereka dan mendapat giliran setelah orang tua pulang bekerja. Pendekatan yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa problematika pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 5 Menteng Kota Palangka Raya. Yaitu, peserta didik masih kesulitan menggunakan aplikasi classroom kadang mereka merasa kebinggungan mencari materi atau tugas yang diberikan oleh guru melalui aplikasi tersebut , alat elektronik penunjang pembelajaran daring seperti handphone karna orang orang tua peserta didik yang menggunakan handphone yang bukan android, peserta didik yang kehabisan kuota internet saat melaksanakan pembelajaran daring  dan jaringan HP yang lelet. Faktor-faktor inilah yang memunculkan problematika pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 5 Menteng.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Hestya Monica, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. (Bandung: Rosdakarya, 2014),4.(Jakarta: Rineka Cipta, 2010), 297.
Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi Vol 2, No 1. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia.
Basrowi, dan Suwandi 2008 127-132. Memahami penelitian kualitatif . (PT.RINEKA CITRA, Jakarta).
Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Bulan Bintang, 2002), 276 .
Hasmirah, 2016, Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Tunarungu Kelas III Di SLB YPAC Makassar : Unuversitas Negri
I.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang. E-book Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, Vol. 10 No 3, September2020 : 282-289
Ismail. 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
M. Djamal. 2015. Pradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Mitra Pustaka
Makassar (Diakes pada tanggal 3 Januari 2019 Pukul 09:46 PM).
Muhsetyo, ddk, 2007, Pembelajaran Matematika SD, Jakarta : Universita Terbuka.
Muklehesi, (2015) Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Ety.
Nandang Sarip Hidayat.2012.Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Akademika, Vol. 37.1:83.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta:Bina Aksara, 1995), 28.Pendidikan. Porwodadi/Grobogan, Jawa Tengah ; CV Samuuntung
Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknolgi Pendidikan, Vol. 1, No. 1, (46-62). Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Surabaya. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.
Setiawan Andi M dan Diplan. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. 1:203.
Sugiono, 2016. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sumasno Hadi. 2016. Pemeriksaan Keabsahan Data Peneliatian Kualitatif Pada Skripsi Jurnal Ilmu Pendidikan, Jidil 22 No 1, Hal. 74-79
Syukir, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islami, (Surabaya : Al-Ikhlas, 1983), 65
Tim Bina Karya Guru :2006 , Terampil Berhitung Matematika Untuk SD Kelas VI, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Published
2021-12-29
How to Cite
Riadin, A., & Monica, H. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 5 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 66-72. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3056

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>