Implementasi Metode Bercerita Dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Publik Speaking
Main Article Content
Abstract
Sekolah pada dasarnya mengubah mentalitas dan perilaku seseorang atau kelompok dengan tujuan akhir untuk mengembangkan orang melalui pendidikan atau persiapan. Salah satu teknik instruktif dalam pendidikan sekolah mencakup beberapa strategi, strategi ini adalah strategi bercerita. Eksplorasi ini diharapkan dapat menentukan pelaksanaan teknik bercerita dalam pelatihan Islam pada diskusi publik siswa kelas 7 di SMP NU 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan strategi subjektif dengan jenis eksplorasi subjektif tersendiri yang memanfaatkan prosedur pengumpulan informasi melalui persepsi, pertemuan dan dokumentasi. Eksplorasi ini mengkaji penggunaan teknik bercerita dalam kesadaran sekolah Islam yang dipacu oleh pentingnya melibatkan strategi dalam mencari cara untuk membentuk kepribadian siswa dalam berbicara. Sebagai suatu jenis pengajaran yang memberikan model yang asli melalui tokoh-tokoh dalam narasi yang dibuat atau diceritakan. Strategi berdakwah Islam di SMP NU 1 Gresik dalam pembinaan siswa kelas 7 ini mempunyai unsur pendukung antara lain guru, iklim dan aset pembelajaran.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahyat, A. (2017). Pendidikan Islam Dan Peranannya Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Bandung: Alfabeta.
Ajeng Ayuning Tyas. (2023). Pengaruh Lingkungan Pembelajaran Terhadap Soft Skill Siswa Di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Deepublish.
Ajeng Ayuning Tyas, & Nurhasanah, A. N. (2023). Hambatan Public speaking Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 33-38.
Al-Qur'an. (N.D.). Al-Qur'an Dan Terjemahannya. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.
Aminah. (2023). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Andi Kuswandi, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Interaktif.
Bandung: Remaja Bosdakarya.
Badruzaman, B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pendidikan Agama Islam.
Bandung: Alfabeta.
Devi Yusnila Sinaga. (2022). Implementasi Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Nilai Religius Siswa. Medan: UNIMED Press.
Hamzah. (2022). Keterampilan Public speaking Siswa Dan Evaluasinya Dalam Konteks Pendidikan.
Jakarta: Rajawali Pers.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD. Jakarta: Kemendikbud.
Kholidah. (2023). Minat Belajar Dan Prestasi Siswa Dalam Pengebangan PAI. Semarang: UIN Walisongo Press.
Makhmudah. (2020). Teknik Mengajar Cerita Islami Di Sekolah Dasar. Solo: Tiga Serangkai.
Masruri. (2021). Desain Pembelajaran PAI Yang Menyenangkan Dan Bermakna. Yogyakarta: Ombak.
Mukrimaa, S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rajagrafindo.
Pitria, W. A. (2023). Model Implementasi Strategi Bercerita Dalam Pembelajaran Agama Islam. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Samsul Hadi. (2022). Public speaking Untuk Remaja Dan Mahasiswa. Malang: UB Press.
Sidiq, U. (2019). Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan: Konsep, Teknik, Dan Analisis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sinaga, D. Y. (2022). Cerita Islami Sebagai Media Pendidikan Akhlak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suryati. (2020). Pendidikan Islam Dan Metode Cerita Nabi Dalam Menanamkan Nilai Moral.
Malang: UIN Maliki Press.
Tambak, S. (2016). Metode Bercerita Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah.