Optimalisasi Peran Guru PAI dalam Pemanfaatan Media Digital untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 3 Purbalingga
Main Article Content
Abstract
Penggunaan media ajar berbasis teknologi merupakan langkah inovatif yang diambil oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) guna meningkatkan mutu pembelajaran di era digital. Riset ini memiliki fokus untuk menganalisis taktik yang digunakan oleh guru PAI BP dalam memanfaatkan media digital di SMP Negeri 3 Purbalingga, serta meninjau pengaruhnya terhadap semangat dan capaian belajar siswa. Metodologi penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan lapangan menunjukkan bahwa guru PAI BP di sekolah tersebut telah mengimplementasikan berbagai pendekatan dalam pemanfaatan media digital, meliputi penggunaan aplikasi presentasi (seperti PowerPoint), formulir daring (seperti Google Form), dan alat Kecerdasan Buatan (seperti ChatGPT) dalam kegiatan belajar mengajar. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan, motivasi, dan penguasaan siswa terhadap materi PAI. Lebih lanjut, pemanfaatan media digital menjadikan proses belajar lebih menarik dan interaktif, serta mempermudah guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar. Para guru PAI BP juga proaktif dalam melakukan pembaharuan dan penyesuaian materi agar relevan dengan perkembangan dan kebutuhan zaman. Namun, ada beberapa hambatan yang dihadapi, seperti keterbatasan fasilitas digital dan adanya perbedaan kemampuan penguasaan teknologi antara guru dan siswa. Walau demikian, kolaborasi antara guru, pihak sekolah, dan orang tua sangat esensial untuk mengoptimalkan penggunaan media ajar berbasis teknologi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi para guru serta dukungan infrastruktur yang memadai agar strategi pembelajaran berbasis teknologi dapat diterapkan secara optimal dan berkesinambungan. Diharapkan implementasi strategi ini dapat menjadi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di institusi pendidikan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anwar, M. M. (2020) Strategi Guru Pai Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Kelas Xii Di Sman 1 Gerung Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. UIN Mataram.
Faras, M. (2020). Manfaat Media Teknologi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 5(2), 32–44.
Ishak, Ishak. “Karakteristik Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan.” FiTUA: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (2021): 52–63. https://doi.org/10.47625/fitua.v2i2.316.
Fitriyanto, M. N., Syarif, A., Suryadini, H., & Mulia, D. S. (2025). Transformasi Digital dalam Dunia Akademik: Pelatihan Edukasi Pemanfaatan AI untuk Penulisan karya tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wadah Publikasi Cendekia, 2(2), 181-184.
Kharisma, Nadya Putri, Burhanudin Abdul Karim Mantau, dan Yanty K. Manoppo. “Strategi Pembelajaran PAI dalam Membentuk Pola Pikir Digital, Computational Thinking, Berbasis Teknologi Informasi pada Pembelajaran PAI.” Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti 6, no. 1 (2024): 13–25. https://doi.org/10.58194/pekerti.v6i1.4451.
Lubis, A. (2018). Sekolah Islam terpadu dalam sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya BPNB Sumatera Barat, 4(2), 1077–1095.
Ma’arif, M. A. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Islam di Sekolah/Madrasah. Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 271–290.
Masjudin, Masjudin. “Manfaat Media Teknologi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 5, no. 2 (2020): 32–44. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v5i2.295.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50.
Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, dan Rini Intansari Meilani. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3, no. 2 (2018): 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762.
Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika, 20(2), 115–28.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective. Boston, MA: Pearson Education.
Sukhoiri, S. (2022). Sekolah Islam Terpadu: Reformasi Baru Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5).
Widianto, Edi. “Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.” Journal of Education and Teaching 2, no. 2 (2021): 213–24.
Zahwa, Feriska Achlikul, dan Imam Syafi’i. “Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 19, no. 01 (2022): 61–78
Zainuddin, A. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3).