Pembelajaran Berbasis Reward Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII MTs Al-Fajar Parenggean

Authors

  • Nur Haifa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Reza Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rovi Candra Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Lisnawati Lisnawati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dea Sapitri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/aslamajpi.v1i1.8916

Keywords:

Pembelajaran, Berbasis Reward, Fikih

Abstract

Guru Fikih merupakan seorang pendidik yang mengajarkan ajaran agama Islam dan membimbing anak didik ke arah pencapaian kedewasaaan. Oleh karena itu dalam pembelajaran yang dilakukan, guru fikih khususnya, harus memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan dan menstimulasi keinginan siswa untuk mempelajari fiqih. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis reward pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTS Al-Fajar Parenggean. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif yakni prosedur penelitian yang menekankan pada kualitas atau mutu suatu penelitian yang mengacu pada teori, konsep, defenisi, karakteristik, maupun simbol-simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan reward efektif di Kelas VIII Mts Al-Fajar Parenggean efektif digunakan karena tingkat perhatian peserta didik terhadap pembelajaran meningkat, ingkat keyakinan, percaya diri dan rasa tanggung jawab siswa meningkat serta tingkat kepuasaan dalam proses pembelajaran yang baik.

Downloads

Author Biographies

Nur Haifa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rovi Candra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lisnawati Lisnawati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dea Sapitri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Hasibuan, dkk. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro (Bandung, Remadja Karya, 1988)

Subagia, Joko. 2001. Metodologi Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Junaidi, H. 2023. Guru Fikih kelas VIII B, wawancara 21 Agustus 2023, MTs Al-Fajar Parenggean.

Magdalena, Ina. dkk. 2020. Metode Pembelajaran Pemberian Reward Terhadap Siswa Kelas 5 SD Bubulak 2 Kota Tangerang

J. Wlodkowski, Raymond dan H. Jaynes, Judith. 2008. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-anak Termotivasi dan Mencintai Belajar), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syarif, A. (2022). Budaya Partisipatif Stakeholder Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Bermutu di SMP IT Al Ghazali Modern School Palangka Raya: Participatory Stakeholder Culture In Realizing Quality Schools In The Smp It Al Ghazali Modern School Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 31-35.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Haifa, N., Reza, M., Candra, R., Lisnawati, L., & Sapitri, D. (2024). Pembelajaran Berbasis Reward Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII MTs Al-Fajar Parenggean. Aslama: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.33084/aslamajpi.v1i1.8916