Karakteristik Peranan Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan Akhlak Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/aslamajpi.v1i1.8920Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran, PAIAbstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai pembentukan akhlak siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi terhadap guru PAI serta siswa di sebuah sekolah menengah. Fokus penelitian melibatkan aspek-aspek pembentukan akhlak, seperti ibadah sholat, puasa, infaq, dan keteladanan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan akhlak siswa melalui mata pelajaran PAI melibatkan strategi pembiasaan, keteladanan, dan penguatan nilai-nilai keagamaan. Guru PAI berperan sebagai agen utama dalam memberikan pemahaman, memberikan contoh teladan, dan membimbing siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Program-program keagamaan, seperti sholat berjamaah, puasa, dan infaq, menjadi wahana efektif untuk membentuk akhlak siswa. Temuan penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran guru PAI dan mata pelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa serta memberikan dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran keagamaan yang lebih efektif di masa mendatang. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pembentukan akhlak siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembentukan akhlak yang di lakukan guru mapel PAI. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran PAI dalam pembentukan akhlaknya, subjeknya adalah Guru dan informan berjumlah 2 orang yaitu Guru Mapel PAI dan 2 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terbagi menjadi 3 tahapan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kualitatif deskriptif untuk memperoleh data tentang pembentukan akhlak siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat di butuhkan untuk pembentukan akhlak siswa agar menjadi lebih baik setiap harinya. Berbagai macam hal cara yang dilakukan untuk membentuk akhlak siswa yang di inginkan oleh guru.
Downloads
References
Dewey, J. (1997). Experience and Education. Touchstone Rockefeller Center.
Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847
Mujib, A. (2010). R, Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media.
Ramaliyus. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Klaam Mulia.
roqib, moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Lkis Jogjakarta.
Tatapangarsa, H. (1984). Pengantar Kuliah Akhlak. Bina Ilmu.
Hunainah, H., Syarif, A., Hikmah, D. N., & Sabrianysah, S. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan-Karakter (PPK) Kitab Al-Akhlak-Lil-Banin Di PP Hidayatul Insan Palangka Raya. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(1), 175-187.
Syarif, A., Ariyadi, A., Mazrur, M., & Erawati, D. (2023). Strategi manajemen mutu sekolah melalui fungsi pengorganisasian di SMP Islam terpadu Al-Ghazali Modern School Palangka Raya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 10(1), 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akhmad Khotib Fathul Huda, Muhammad Rasyid Ridha, Muhammad Syarif Hur Hidayat, Aisyah Aisyah, Wenisa Geby Febiola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.