Pendidikan Akhlak Kemandirian Anak Yatim Piatu dan Dhuafa di Panti Asuhan Berkah Palangka Raya

Authors

  • Akhmad Rifa’i Irhami Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Rijani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Revi Anggraini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ilman Alwariz Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Irfani Sahuda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/aslamajpi.v1i1.8922

Keywords:

Pendidikan, Akhlak, Kemandirian anak

Abstract

Pentingnya untuk melatih kemandirian anak, faktor dalam tumbuh kembangnya seorang anak adalah kemandirian. Aank yang memiliki kemandirian dalam aktivitasnya belajar akan terlihat aktif, tekun dan memiliki inisiatif dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab. Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengatur dan mengendalikan diri sendiri dalam berpikir dan bertindak serta tidak akan bergantung pada orang lain secara emosional dalam artian tidak selalu bergantung pada bantuan orang lain dalam merawat diri secara fisik, dalam membuat keputusan dan berinteraksi dengan orang lain secara sosial akan selalu mencoba hal baru, mentaati peraturan pertemanan dan mampu mengendalikan diri. Secara praktis kemandirian adalah kemampuan anak untuk berpikir dan melakukan sesuatu oleh mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhannya sehingga mereka tidak lagi bergantung pada orang lain namun menjadi individu yang dapat berdiri sendiri.

Downloads

Author Biographies

Akhmad Rifa’i Irhami, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Revi Anggraini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ilman Alwariz, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Irfani Sahuda, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Al-Ghazali, 1985, Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Dar Al- Kitab Al- Ilmiyah.

-------------,tt,Ihya‟ Ulum Al-Din. Juz III, Mesir: Isa Al-Bab Al-Halaby.

Al-Mahally, Jalaluddin dan Jalaluddin As-Syuyuti, 1990,Terjemah Tafsir Jalalain, Bandung: Sinar Baru.

Al-Qurthubi, 1913. Tafsir Al-Qurthubi, Juz VIII. Kairo: Dar Al-Sya’bi.

Amin, M. Mayhur, 1996, Aqidah dan Akhlak, Yogyakarta: Kota Kembang.

Aminuddin, 2006. Membangun Karakter Dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ansori, Muslich dan Sri Iswati, 2017, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Surabaya: Kdt, 2017.

Ar, Zahruddin Dan Hasannudin Sinaga, 2004, Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: ttt.

Bafadhol, Ibrahim, 2017,Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 06 No.12.

Bukhari, Umar. 2010.Pendidikan dalam Prespektif Hadis: Berakhlak Mulia sebagai Tujuan Pendidikan Islam.

Darmadi, Hamid, 2009, Kemampuan Dasar Mengajar, Bandung: Alfabeta.

Desmita, 2014,Psikologi Perkembangan Pesrta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Pedoman Pembinaan Anak Terlantar, (Surabaya: Konsorsium Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, 2001).

Gerungan, W.A, 2004,Psikologi Sosial, Bandung: PT. Rafika Aditama.

Hamka, 2015,Pribadi Hebat. Jakarta: Gema Insani.

----------, 2017,Akhlakul Karimah, Jakarta: Gema Insani. Ilyas, Yunahar, 2001, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: Lppi.

Imron Dan Silfana Im. Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Yatim dengan Metode Konseling Islam Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang. Tarbiyatuna.

Kamisa, 1997, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika.

Kurniawati, Etik. 2017,Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak Tunagrahita Dalam Pendidikan Vokasional. Jurnal Penelitian,Vol. 11, No. 2.

Kusumaatmaja, Anggara, 2022.Hubugan Kemandirian dengan Prestasi Akademik Remaja di Perguruan Tinggi.Skripsi S1 Fakultas Psikologi, Unversitas Indonesia.

Lexy, J Moleong, 2006,Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosdakarya

---------------------, 2001,Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Ma'luf, Louis, 1986, Kamus AlMunjid Fil Lughah, Beirut: Lebanon.

Malviana & Luviadi A, 2021, Pendidikan Karakter Islam di Yayasan Panti Asuhan Kota Bandar Lampung. JIAI (Jurnal Ilmu Agama Islam). Vol.3 No. 02.

Margono, S, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Masduki H. Pemberdayaan Yatim Berdasarkan Nilai-Nilai Al-Qur’an dalam Pengelolaan Panti Asuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan.

Masyhari F. 2017,Pengasuhan Anak Yatim Dalam Prespektif Pendidikan Islam. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 2.

Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, 2009,Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Perss.

Miskawaih, Ibn, 1985, Tahdzib AlAkhlak Fii Al-Tarbiyah, Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Syarif, A. (2020). Implementasi manajemen mutu (studi pada fungsi pengorganisasian di SMP Islam Terpadu Al Ghazali Modern School Palangka Raya) (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Sugiyono, 2015,Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujana, Wayan Cong, 2019,Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4 Nomor 1.

Supandi, Irfan dan Ummu Harits, 2009,Keajaiban Mengasuh Anak YatimJakarta: Permata Puri Media.

Thoha, Chabib, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun MKD IAIN Sunan Ampel, 2011, Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Tim Prima Pena, 2015, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Gita Media Press.

Tina Afiatin, 1993,Persepsi Pria dan Wanita terhadap Kemandirian,” Jurnal Psikologi ThnXX No. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Yasni, 2014, Konsep Pendidikan Akhlak. Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 1

Muhammad Ibn ‘Ilan Al-Sadiqi, 1971,Dalil Al-Falihin. Juz III. Mesir: Mustafa Al-Bab Alhalaby.

Mujib, Abdul. 2002. Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyana, Deddy, 2003.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Munawwir, Warson, tt,Kamus ArabIndonesia al-Munawwir, Yogyakarta: Yayasan

AlMunawwir Krapyak.

Paulo, 1994, Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan, Jakarta: Gramedia.

Perpustakaan Nasional RI, 2012, AlQur’an dan Pemberdayaan Kaum Duafa, Jakarta: Aku Bisa.

Prastowo, Andi, 2012.Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian,Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ps, Djarwanto,ed al. 2000,Statistik Indukatif, Edisi 4. Yogyakarta: Bpfe.

Raharjo, ed al. 1999, Pemikiran Pendidikan Islam. Kajian Tokoh Klasik Dan Kontemporer. Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rianti, Ervina, 2019,Kemandirian Anak Panti Asuhan. Journal Of School Counseling.

Rita, Deana Dwi, ed al.Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Volume 2 Nomor 2. Mei 2019.

Rochaniningsih NS, 2014,Dampak Pergeseran Peran dan Fungsi Keluarga pada Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan. Fondasi dan Aplikasi: (2)1.

Rodin, Dede, Pemberdayaan Ekonomi Fakir Miskin, Jurnal Volume VI, Edisi 1, Mei 2015, 71-72.

Sa’diyah, Rika, 2017,Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat Vol. XVI No. 1.

SNL, Yusuf, 2000,Psikologi Anak dan Remaja, Bandung: PT. Rosdakarya

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Irhami, A. R., Rijani, M., Anggraini, R., Alwariz, I., & Sahuda, I. (2024). Pendidikan Akhlak Kemandirian Anak Yatim Piatu dan Dhuafa di Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Aslama: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.33084/aslamajpi.v1i1.8922