Konsep Pendidikan Agama Islam di Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/aslamajpi.v1i1.9022Keywords:
Pendidikan Islam, Kader Ulama Muhammadiyah, PKUMAbstract
Pendidikan agama Islam pada dasarnya menjadi bekal bagi seorang ulama untuk menyampaikan ajaran Islam dengan bijak, ulama secara umum lahir melalui pengkaderan. Usaha dalam mewujudkan pengkaderan ulama juga dilakukan oleh Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) UMPR. Tujuan dibentuknya PKUM adalah membentuk peserta didik untuk menjadi sarjana muslim yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, yang beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian kualitatif deskripstif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan agama Islam yang terjadi pada lembaga PKUM (Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah) di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Subjek penelitian adalah pembina asrama, dan informan berjumlah 2 orang yaitu mahasantri putra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terbagi menjadi 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Konsep Pendidikan Islam di Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya merpakan rentetan upaya pembimbingan dan pembinaan kepada setiap calon kader ulama untuk menjadi muslim lebih baik dan mampu berkembang, sesuai nafas dan ajaran agama yang murni dengan kegiatan akademik dan non akademik. Konsep pendidkan Agama Islam ini memiliki beberapa hambatan.
Downloads
References
Adah, A. R. (2017). Strategi Pengkaderan Ulama Di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta . Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Budianti, Y., Al Farabi, M., & Zebua, A. I. (2024). Tantangan dan Prospek Menuju Karakter Bangsa (1st ed.). UMSU Press.
Elihami. (2022). Describing about “Teachers and Kemuhammadiyahan” in elementary School Department: A review of literature. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 49–54.
Fihri, A., Saepudin, D., Husain, A., & Syafrin, N. (2023). Model Pengembangan Kurikulum Kaderisasi Ulama Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta Masa Depan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 2581–2596. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5104
Habibi, I. (2024). Pendidikan kader ulama di Pesantren Muhammadiyah: Studi multisitus di Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan dan Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan [Doctoral thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hamzah, A. R. (2017). KONSEP PENDIDIKAN DALAM ISLAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR. At-Tajdid, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/att.v1i01.336
Hunainah, H., Ikhwansyah, M. F., & Ramdhani, M. T. (2023). Basic concepts of Islamic education: The perspective of Al-Rahiq Al-Makhtum kitab. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 28(2). https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.8548
kbbi.kemdikbud.go.id. (n.d.). Makna Kader. Kbbi.Kemdikbud.Go.Id.
Kuswandi, I. (2020). Dinamika Pendidikan Pesantren di Muhammadiyah. Shahih: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 5(1), 65. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/shahih.v5i1.2513
Meinura, E. D. (2022). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ahmad Tafsir. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03). https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.259
Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif . :RemajaRosdakarya.
Mustaring, D. I. (2021). Buku Ajar Pendidikan Agama Islam (Nurul Aswar, Ed.; 1st ed.). Cipta media Nusantara.
Sumiyati. (2012). Manajemen Pelatihan Pendidikan Dasar Ulama (PDU-MUI) Kota Administrasi Jakarta Barat Dalam Menciptakan Ulama Muda [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33592
Yasmansyah, Y., & Husni, A. (2022). IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Indonesian Research Journal on Education, 783–790. https://irje.org/index.php/irje
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Baiturrahman Baiturrahman, Firdan Dwi Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.