Pengembangan Monopoli Operasi Hitung Untuk Pembelajaran Matematika Kelas III Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Yeni Miesofa
Irsan Bakri
Devia Farasintia Anisa
Indah Sakinah

Abstract

Media pembelajaran monopoli matematikan Ini dibuat dengan mengikuti tahapan-tahapan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) menerapkan model Borg dan Gall yang diintegrasikan dengan model desain pembelajaran dari Dick dan Carey. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran Monopoli mengenai penghitungan untuk siswa kelas III di sekolah dasar serta mengevaluasi seberapa efektif media pembelajaran Monopoli yang telah dikembangka. Metode yang diterapkan untuk mengumpulkan data mencakup formulir wawancara, kuesioner untuk analisis kebutuhan siswa dan guru, angket untuk validasi media , materi dan angket formulir evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis mengenai efektivitas penggunaan media pembelajaran Monopoli, kami menemukan bahwa pencapaian hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan media pembelajaran tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar Matematika siswa yang mengikuti proses pembelajaran konvensional (87,5% lebih tinggi dari 70%). Dengan demikian, kami menyimpulkan bahwa media pembelajaran Monopoli lebih efektif untuk pengajaran Matematika kepada siswa kelas III SD dibandingkan dengan penggunaan media dalam metode pembelajaran yang biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Miesofa, Y., Bakri, I., Anisa, D. F., & Sakinah, I. (2025). Pengembangan Monopoli Operasi Hitung Untuk Pembelajaran Matematika Kelas III Siswa Sekolah Dasar. Aslama: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 27–37. https://doi.org/10.33084/ajpi.v2i1.9940
Section
Articles

References

Afifah, J. Suryati. Al fath, A, M. 2023. Peran Media Pembelajaran Monopoli Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Scholarly Journal of Elementary School. 3(2). 132-145

Anafi, K. Wiryokusumo, I. & Leksono, I, P. 2021. Pengembangan media pembelajaran model ADDIE menggunakan software unity 3D. Jurnal Educationand development. 9(4). 433-438

Attiba, M, T.& Fiangga, S. 2025. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android dengan konteks budaya lokal pada materi SPLDV. Journal On Education and Teacher Profesionalism.3(1).1-21

Belinda, L, N. Irianto, D, M.& Yuniarti, Y. 2023. Analisis kesulitan belajar operasi hitung pembagian matematika pada siswa kelas 3. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 9(1).37-42

Baru, N. Yulianto, A. Fitriani, A, A. 2024. Pengaruh Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD YPK Elim Kota Sorong. Jurnal inovasi ilmu pendidikan. 2(2). 16-25

Dewi, A, A, C. Tegeh, I, M.& Ujianti, P, R. 2021. Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan. 1(2). 77-85

Fadilah, E. Irianto, A.& Rusminati, S, H. 2022.Penggunaan Media Monopoly Education pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal ilmu pendidikan. 4(4). 5827-5833

Istiningsih, S. dkk. 2021. Pengembaangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Journal of Elementary Education. 4(6). 911-920

Julyananda, M, A. Yulianty, T. Pasha, D. 2022. Rancang bangun media pembelajaran matematika menggunakan metode demonstrasi untuk kelas satu sekolah dasar. Jurnal informatika dan rekayasa perangkat lunak (JATIKA). 3(3). 366-375

Kurniawati, L. Ganda, N.& Mulyadiprana, H. 2021.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPS SD.Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar. 8(4). 860-873

Mahuda, I. Meilisa, R. Nasrullah, A. 2021. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android BERBANTUAN smart APPS creatot dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 10(3). 1745-1756.

Mahesti, G. & Koeswanti, H, D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9(1). 30-39

Marini, K. & Silalahi, B, R. 2022. Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. Jurnal Penelitian Pendidikan. 01(2). 159-167

Marlissa, I. Juandi, D.& Turmudi. 2024. Persepsi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. 7 (1). 148 -159

Mustamiyah. Amrrullah ZA, H.& Aisyah. 2025. Penerapan metode Drill pada bilangan operasi hitung matematika terhadap hasil blajar siswa kelas 2 di MI munada sungai nibung. Innovative education journal. 7(2). 84-108

Nurhidayati, V. dkk. 2023. Penerapan media pembelajaran terhadap motivasi siswa. Jurnal bina gogik. 10(2). 99-106

Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LearningDi Kelas VII SMPIT Insan Harapan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 33-38.

Pentianasari, S. dkk. 2022. Penguatan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar melalui pemanfaatan literasi digital. Jurnal PGSD. 8(1). 58-72.

Rokhim, A.& Anwar, M, K. 2021. Pembuatan media ppembelajaran huruuf hijaiyah pada platform android menggunakan metode ADDIE. Jurnal SPIRIT. 13(02). 16 -23

Septia, T. dkk. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Bernuansa Islami pada Materi Aljabar. Jurnal pendidikan matematika. 3(3). 469-477

Syafruddin.& Utari, E, D. 2022. Media pembelajaran (dari masa konvensional hingga masa digital). Palembang: bening media publishing

Syafril.& Zen, Z. 2017. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: KENCANA

Syuhada, H. dkk. 2024. Pengmbangan gamifikasi pada pelajaran matematika SD dengan metode ADDIE untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab. 9(1). 1-14.

Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2021). Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat.

Tutiaren, T. Hendrawan, B.& Nugraha, M, F. 2021. Pengaruh Pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar . Jurnal PGSD. 7(2). 12-19

Yaumi, M. 2021. Media dan teknologi pembelajaran edisi kedua. Jakarta: Kencana

Yolanda, F, O. Putra, A. 2022. Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatika Pada motif batik. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(2). 188-195.

Zuhro, I, N. Sutomo, M.& Mashudi. 2022. Desain pembelajaran pendidikan agama Islam dengan model ADDIE. 5(2). 180-193