Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Hak Anggota Keluarga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas III SDN 5 Mendawai Semester 1

Improving Material Learning Outcomes To Identify The Rights Of Family Members Through Cooperative Learning Models In Jigsaw Type In Grade III Students SDN 5 Mendawai Semester 1

Authors

  • Susan Martini

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1055

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Materi Mengidentifikasi ak Anggota Keluarga, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran khususnya materi mengidentifikasi hak anggota keluarga melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas III SDN 5 Mendawai Semester I. (2) untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi hak anggota keluarga melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas III SDN 5 Mendawai Semester I. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyono,Budi Usodo &Yemi Kuswardi.2012.Model,Media dan Evaluasi Pembelajaran PKn.Surakarta:UNS
Degeng, I.S. (1997). Strategi Pembelajaran: Mengorganisasi isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia
Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.
Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
http:///sunartombs.wordpress.com/2009/06/15/pengertian-dan-penerapan-metode-jigsaw: Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
http://infoini.com/2012/pengertian-metode-jigsaw.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
Irma Pujiati . 2008 .Peningkatan Prestasiidan KetuntasanBelajar PKn Melalui Pembelajaran KooperatifTipe JIGSAW . Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. I, No. 1
John W, Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba
Kanwa Publisher. Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Paul M La Bounty dkk . 2011 . International Society of Sports Nutrition position stand: meal frequency.springer.com (20 September 2012)
Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW . 2011 . http://www.sarjanaku.com ( 24 September 2012 )
Prasetya, Ardhiyan. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak dengan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas III-E SMP Negeri 2 Gamping, Sleman. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY.
Reigeluth, C.M. Merril MD. 1979. Classes of Instructional Variables Educational Technology.
Rudi Susila dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA
Rusman.2011.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaisme Guru.Jakarta:Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
www.kabarpendidikan.blogspot.com,www.arminaperdana.blogspot.com,www.kmpmalang.com : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012’
Zaini, Hisyam dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani, 2006

Downloads

Published

2019-09-10

How to Cite

Martini, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Hak Anggota Keluarga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas III SDN 5 Mendawai Semester 1: Improving Material Learning Outcomes To Identify The Rights Of Family Members Through Cooperative Learning Models In Jigsaw Type In Grade III Students SDN 5 Mendawai Semester 1. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 37–43. https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1055