Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Hak Anggota Keluarga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas III SDN 5 Mendawai Semester 1 Improving Material Learning Outcomes To Identify The Rights Of Family Members Through Cooperative Learning Models In Jigsaw Type In Grade III Students SDN 5 Mendawai Semester 1

Main Article Content

Susan Martini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran khususnya materi mengidentifikasi hak anggota keluarga melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas III SDN 5 Mendawai Semester I. (2) untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi hak anggota keluarga melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas III SDN 5 Mendawai Semester I. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Martini, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Hak Anggota Keluarga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas III SDN 5 Mendawai Semester 1: Improving Material Learning Outcomes To Identify The Rights Of Family Members Through Cooperative Learning Models In Jigsaw Type In Grade III Students SDN 5 Mendawai Semester 1. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 37–43. https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1055
Section
Articles

References

Budiyono,Budi Usodo &Yemi Kuswardi.2012.Model,Media dan Evaluasi Pembelajaran PKn.Surakarta:UNS
Degeng, I.S. (1997). Strategi Pembelajaran: Mengorganisasi isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia
Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.
Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
http:///sunartombs.wordpress.com/2009/06/15/pengertian-dan-penerapan-metode-jigsaw: Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
http://infoini.com/2012/pengertian-metode-jigsaw.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
Irma Pujiati . 2008 .Peningkatan Prestasiidan KetuntasanBelajar PKn Melalui Pembelajaran KooperatifTipe JIGSAW . Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. I, No. 1
John W, Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba
Kanwa Publisher. Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Paul M La Bounty dkk . 2011 . International Society of Sports Nutrition position stand: meal frequency.springer.com (20 September 2012)
Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW . 2011 . http://www.sarjanaku.com ( 24 September 2012 )
Prasetya, Ardhiyan. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak dengan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas III-E SMP Negeri 2 Gamping, Sleman. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY.
Reigeluth, C.M. Merril MD. 1979. Classes of Instructional Variables Educational Technology.
Rudi Susila dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA
Rusman.2011.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaisme Guru.Jakarta:Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
www.kabarpendidikan.blogspot.com,www.arminaperdana.blogspot.com,www.kmpmalang.com : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012’
Zaini, Hisyam dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani, 2006