Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Savi Di Kelas III SD Negeri 1 Madurejo Efforts To Improve Student Learning Outcomes Of Simple Fraction Material Through The SAVI Approach In Grades III In SD 1 Madurejo

Main Article Content

Anang Hajeni

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas III SD Negeri 1 Madurejo. Penelitian TIndakan Kelas ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan. Sedangkan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan. Hasil belajar siklus I pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 18 siswa atau 58,6%, sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 13 siswa atau 42,9%. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 22 siswa atau 70,9%, peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di bawah KKM ≤ 75 sebanyak 9 siswa atau 29,03%. Pada pertemuan ke 3 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 26 siswa atau 83,8%, sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 5 siswa atau 16,12%. Hasil belajar siklus II pertemuan 1, peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 30 siswa atau 96,7% dan didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 1 siswa atau 3,2%. Lalu pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 31 siswa atau 100% dan peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≤ 75 sebanyak 0 siswa atau 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hajeni, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Savi Di Kelas III SD Negeri 1 Madurejo: Efforts To Improve Student Learning Outcomes Of Simple Fraction Material Through The SAVI Approach In Grades III In SD 1 Madurejo. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1328
Section
Articles

References

Acep Yonni, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Achmad Sugandi, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bastomi. Suwaji. 2003. Kritik Seni. Semarang: UNNES Press.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
BSNP. 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Catharina Tri Anni, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
DePorter, Bobbi. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Editor, Mike Hernacki. Diterjemahkan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Diplan & Rini. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Materi Menanggapi Suatu Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1):32-36.
Garha. Oho. 1980. Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hadjar Pamadhi, dkk. 2010. Pendidikan Seni Di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Herdian.(2009).Model Pembelajaran SAVI. [Online]. http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-savi. [11 Nopember 2011].
Jools, Tessa dan Denise Grande. 2005. A Case Study in Elementary School Media Literacy and Arts Education. Project SMARTArt. 25-30.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suprayekti, dkk. 2009. Pembaharuan Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.