Upaya Peningkatan Pemahaman Aku Dan Teman Baru (Sub Tema 1) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Samba Danum
Efforts To Improve The Understanding Of Me And New Friends (Sub Theme 1) By Applying Cooperative Learning Model To Grade I Students Of SD Negeri 1 Samba Danum
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1749Keywords:
Cooperative Learning, Materi Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)Abstract
Penelitian tindakan, maka penelitian disini memakai model penelitian tindakan, yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang selanjutnya. Setiap siklus terdapat planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada pra siklus dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus, suklus I, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 79,01%, dan 86,36%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah terpenuhi. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan model pengajaran Cooperative Learning dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pad setiap siklus yang terus mengalami peningkatan.
Downloads
References
Fitriani, A. D. 2006. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA melalui Strategi Cooperative Learning. Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Kangguru. (2007). Teknik pemecahan masalah ala G Polya “HOW TO SOLVE IT” Reportase langsung dari buku karya G. Polya. [Online]. Tersedia: http://kangguru.wordpress.com/ [25 Oktober 2018]
Karso, dkk. (1993). Materi Pokok Dasar-Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Ki Supriyoko. 2006. Prestasi Pelajar Indonesia. [Online]. Tersedia: http://www. pikiran-rakyat.com/cetak/2006/022006/13/0903.htm [29 November 2018]
Nurhayati, I. N. 2006. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa. Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Martinez, M. E. 1998. What is problem solving?. [Online]. Tersedia: http:// www.gse.uci.edu/person/mmartinez/documents/mmartinez ProblemSolving. html [29 November 2018].
Puskur. 2006. Pengembangan K13. [Online]. Tersedia: http://www.puskur.net/ index.php?menu=profile&pro=120&iduser=5 [18 Oktober 2018]
Riadin, Agung & M. Jailani. 2019. Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 14(2):60-70.
Santosa, P. B. dan Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setyawan, Dedy & Diplan. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Elf Mcbride Menggunakan Teknik Hitung Cepat Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1):52-61.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Wikipedia. 2007. Cooperative Learning. [Online]. Tersedia: http://en.wikipedia.
org/wiki/Means-ends_analysis [18 Oktober 2018].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.