Faktor-Faktor Determinan Green Skills Mahasiswa Teknologi Informasi
Determinant Factors Of Green Skills Information Technology Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3364Keywords:
Psikologis, Pembelajaran, Lingkungan Masyarakat, Akademis, Green SkillsAbstract
Dunia Industri melakukan berbagai upaya untuk mendorong perilaku menjaga lingkungan, namun keherhasilan upaya tersebut tergantung pada kemauan karyawan untuk menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor psikologis, pembelajaran, lingkungan masyarakat, dan akademis terhadap green skills mahasiswa teknologi informasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Struktur Equation Modeling (SEM). Populasi penelitian adalah mahasiswa teknologi informasi di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Sampel penelitian berjumlah 112 mahasiswa dipilih secara proportionate stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar dokumentasi. Validitas isi dilakukan melalui pertimbangan ahli. Validitas konstruk dilakukan dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) nilai besaran masing-masing faktor psikologis terhadap green skills secara langsung adalah sebesar 0,909, faktor pembelajaran terhadap green skills secara langsung adalah sebesar -0,132, faktor lingkungan masyarakat terhadap green skills secara langsung adalah sebesar 0,347, faktor akademis terhadap green skills secara langsung adalah sebesar -0,134. (2) terdapat pengaruh secara tidak langsung psikologis terhadap green skills melalui pembelajaran dengan nilai sebesar 0,026, pengaruh secara tidak langsung psikologis terhadap green skills melalui akademik dengan nilai sebesar 0,347, pengaruh secara tidak langsung pembalajaran terhadap green skills melalui akademik dengan nilai sebesar 0,070, pengaruh secara tidak langsung lingkungan masyarakat terhadap green skills melalui pembelajaran dengan nilai sebesar 0,0924, pengaruh secara tidak langsung lingkungan masyarakat terhadap green skills melalui akademik dengan nilai sebesar -0,083. (3) model pengukuran konstruk green skills dari empat faktor adalah model yang fit menggambarkan Green Skills (GS) mahasiswa dengan 10 komponen indikator GS dalam konstruk independent satu sama lain.
Downloads
References
Kamis. A, A Alwi, B Limuna, H Ismail, N Zakaria, F Yunus, N Yunus. (2017). Integration of green skills in sustainable development in technical and vocational education. International Journal of Engineering Research and Applications 7, 2248-962208
Pavlova, Margarita. 2011. Environmental Education and/or Education for Sustainable Development: What Role for Technology Education? Goldsmiths University of London.
Phong, C.T., and Chi, H. (2016). Green Skills in Vocational Teacher Education – a model of pedagogical Phong Chi Diep & Martin Hartmann Green Skills in Vocational Teacher Education – a model of pedagogical competence for a world of sustainable development Abstract. January. https://doi.org/10.1002/ISSN
Ramsarup, P and Ward, M. (2017). Enabling Green Skills: Pathways to Sustainable Development A Source Book to Support Skills Planning for Green Economies.
Rivai, R. S., & Anugrah, I. S. (2016). Konsep dan Implementasi Pembangunan Pertanian Berkelanjutan di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 29(1), 13. https://doi.org/10.21082/fae.v29n1.2011.13-25
Rosana, M. (2018). Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Yang Berwawasan Lingkungan di Indonesia. KELOLA Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 148–163.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.