RELEVANSI PROFIL LULUSAN SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI

LINK AND MATCH OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL GRADUATES' PROFILES IN INFORMATION TECHNOLOGY SECTOR

Authors

  • Riansyah Putra Universitas Negeri Medan
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Negeri Medan
  • Liana Atika Universitas Negeri Medan
  • Ahmad Zulfikar Universitas Negeri Medan
  • Sarwa Sarwa Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.6780

Keywords:

SMK, Teknologi, Informasi, Profil, Lulusan

Abstract

Penyelarasan profil lulusan SMK Teknologi Informasi perlu dilakukan agar para lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan kualifikasi formasi yang tersedia pada dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan profil lulusan berdasarkan jabatan kerja yang tersedia dalam sektor teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Profil lulusan berdasarkan jabatan kerja lulusan SMK bidang keahlian teknologi informasi yang tersedia dalam bursa kerja teridentfikasi 12 (dua belas) formasi jabatan kerja antara lain: Data Scientist, Data Engineer, Cloud Engineer, Game Developer, Robotic Engineer, Database Specialist, Software Engineer, Cyber Security, UI/UX Developer, Network Engineer, Mobile Developer, Web Developer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setiono, B.A., 2019. Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 9(2), pp.179-185.

Perdana, N.S., 2019. Analisis permintaan dan penawaran lulusan SMK dalam pemenuhan pasar tenaga kerja. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).

Lestari, P. and Roesminingsih, E., 2023. PENGEMBANGAN APLIKASI BERPIJAR UNTUK MEWUJUDKAN LINK AND MATCH ANTARA SMK DENGAN IDUKA. Edu Learning: Journal of Education and Learning, 2(1), pp.61-72.

Purwady, A.K. and Meditama, R.F., 2023. EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN LINK AND MATCH DENGAN DUNIA INDUSTRI PADA SMK PLUS ALMAARIF SINGOSARI. In International Seminar On Islamic Education & Peace (Vol. 3, pp. 293-301).

Widodo, B., Kuat, T. and Sayuti, M., 2023. Evaluasi Pelaksanaan Kelas Industri di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMK Pancasila Surakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), pp.22805-22819.

Sayuti, M. and Mujiarto, M., 2018. Employability skills in vocational high school context: An analysis of the KTSP curriculum. Journal of Vocational Education Studies, 1(2), pp.33-44.

Sari, B.A. and Yuniningsih, T., 2021. ANALISIS PERAN AKTOR DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM REVITALISASI SMK NEGERI 6 SEMARANG. Journal of Public Policy and Management Review, 10(1), pp.1-18.

Rafidiyah, D. and Kailani, A., 2020. Identifikasi Potensi SMK Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), pp.49-66.

Rafidiyah, D., & Kailani, A. (2020). Identifikasi Potensi SMK Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 49–66

Disas, E. P. (2018). Link and match sebagai kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242.

Ahmad, M. (2017). Penyiapan SDM ketenagalistrikan melalui jalur pendidikan vokasi. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro . Yogyakarta.

Fatimah, T., Ariesta, A. and Ariyani, P.F., 2022. Sosialisasi Prospek Karir di Industri IT Bagi Siswa SMK di Jakarta Selatan. Artinara, 1(03), pp.33-41.

Muharni, S. and Syaputra, M.A., 2023. PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK PADA SMK NEGERI 1 TRIMURJO. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), pp.174-184.

Cover

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Putra, R., Sutrisno, S., Atika, L., Zulfikar, A., & Sarwa, S. (2024). RELEVANSI PROFIL LULUSAN SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI: LINK AND MATCH OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL GRADUATES’ PROFILES IN INFORMATION TECHNOLOGY SECTOR. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.6780