PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN DALAM PEMANFAATAN E-RESOURCES
Information Searching Behavior Of Library Science Students In The Use Of E-Resources
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i2.7583Keywords:
Perilaku Pencarian Informasi, Mahasiswa, Model Ellis, E-Resources, Artificial IntelligenceAbstract
Pencarian Perilaku Informasi adalah segala sesuatu yang dimulai dengan kebutuhan untuk mencari informasi kemudian dilanjutkan dengan pencarian. Model Ellis digunakan untuk menganalisis perilaku pencarian informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara. E-Resources sangat penting sebagai sumber informasi bagi mahasiswa saat mencari informasi. Mahasiswa ilmu perpustakaan UIN Sumatera Utara biasanya menggunakan E-Resources, yaitu database jurnal dan e-book. Database jurnal yang digunakan adalah Google Scholar dan DOAJ, sedangkan e-book yang digunakan berasal dari iPusnas. Dalam menggunakan E-Resources, tentu AI (Artificial Intelligence) berperan sebagai alat bantu untuk dalam hal mencari informasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik Total Sampling digunakan untuk pemilihan responden, dengan total partisipan sebanyak 84 orang Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara informasi yang sudah melalui mata kuliah perilaku pencarian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara dipengaruhi hanya karena kebutuhan perkuliahan saja. Pada tahap-tahapan perilaku pencarian informasi oleh Ellis, terdapat sebagian kecil siswa menggunakan kutipan-kutipan referensi pada E-Resources yang mereka gunakan sebagai sumber referensi terkait saat melakukan tahap chaining. Pada tahap browsing sebagian kecil siswa melakukan pencarian dengan tambahan Boolean Logic (AND, OR, NOT), menambahkan kata kunci tanda petik dua (".......") saat mencari informasi, membatasi jenis file type (PDF, Word, dll) dalam menelusuri informasi melalui E-Resources.
Kata kunci: Perilaku Pencarian Informasi; Model Ellis; Sumber Daya Elektronik; Kecerdasan Buatan; Mahasiswa
Downloads
References
Al-Moteri, M. (2023). Evidence-based information-seeking behaviors of nursing students: Concurrent think aloud technique. Heliyon, 9(4), e15549. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15549
Alhusna, F. N., & Masruroh, S. (2021). Model perilaku pencarian informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi: Kajian literatur. Indonesian Journal of Academic Librarianship, 5(1), 19–28. http://journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/view/100/56
Arikunto. (2006). Penelitian Kuantitatif.
Aulia. S, A. D., Mei Sari, D., Arsela, F., Fauziah, S., & Purwaningtyas, F. (2023). Analisis Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Menggunakan Model Ellis. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 821–831. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i2.2815
Dahlen, S. P. C., & Hanson, K. (2023). In their words: Student reflections on information-seeking behaviors. Journal of Academic Librarianship, 49(4). https://doi.org/10.1016/j.acalib.2023.102713
Gary Marchionini. (2023). Information and data sciences: Context, units of analysis, meaning, and human impact. Data and Information Management. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dim.2023.100031
Hutapea, A. F., Ruslan, R., & Asnawi, A. (2021). Perilaku Pencarian Informasi Melalui Jurnal Elektronik Oleh Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Menggunakan Model Ellis. Jurnal Adabiya, 23(1), 38. https://doi.org/10.22373/adabiya.v23i1.8047
Maghfiroh, L. N. (2019). E-Resources Sebagai Penyedia Informasi Murah Dan Berkualitas (Studi Kasus Perpustakaan Nasional Republik Indonesia). Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(1), 566. https://doi.org/10.20961/jpi.v4i1.33794
Nurfadillah, M., & Ardiansah. (2021). Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. 16(1), 21–39.
Purnama, R. (2021). Model perilaku pencarian informasi (analisis teori perilaku pencarian informasi menurut David Ellis). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 10. https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5158
Sara, B., & Hamid, J. (2020). Relations between Cognitive Biases and Some Concepts of Information Behavior. Data and Information Management, Pages 109-118. https://doi.org/https://doi.org/10.2478/dim-2020-0007
Sari, O. W. (2022). Penggunaan E-resources oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Issue 8.5.2017).
Sitorus, R., Riski, M., Negeri, U., & Sumatera, I. (2023). El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat Perilaku Pencarian Informasi Siswa Dalam Memenuhi El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(3), 770–779. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.2947
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tachie-Donkor, G., & Ezema, I. J. (2023). Effect of information literacy skills on university students’ information seeking behaviour and lifelong learning. Heliyon, 9(8),e18427.https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18427
Zain Mumtaz, T. (2023). Peran Artificial Intelligenceterhadap Optimalisasi Pembelajaran Mahasiswa Universitas Brawijaya. 2(2), 254–261. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i2.1172
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sakila Kila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.