Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Puzzle Terhadap Trauma Pada Anak Prasekolah Pasca Bencana Banjir Bandang Di Kota Batu Jawa Timur
The Effect Of Puzzle Play Therapy On Trauma To Preschool Children After The Flash Flood Disaster In East Java Batu City
DOI:
https://doi.org/10.33084/bjmlt.v5i1.4437Keywords:
Bencana, Trauma Healing, Metode bermain puzzleAbstract
Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan atau faktor non alam bencana dapat menyebabkan beberapa perubahan psikis pada anak. untuk menurunkan tingkat trauma pada anak pasca bencana diberikan terapi bermain puzzle. Bermain merupakan stimulasi yang tepat bagi anak. bermain dapat meningkatkan daya pikir anak sehingga anak mendayagunakan aspek emosional, social, serta fisiknya.
Downloads
References
Adi, S. 2013. Characterization of Flash Flood Disaster in Indonesia (Karakterisasi Bencana Banjir Bandang di Indonesia). Jurnal Sains Dan Teknologi Indonesia, 15(1), 42–51.
Amin,M. 2017. Post Traumatic Stress Disorders Pasca Bencana: Literature Review
.Jurnal Kesehatan Al-Irsyad (JKA),Volume. 10, Halaman 68-69.
Arikunto, 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Ari, 2015. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Budiarto, E. 2012. Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC.
Dahlan, Sopiyudin., 2011Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan Edisi 5.
Jakarta: Salemba Medika.
Dian, A.2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak.Jakarta : Salemba
Djaeni.2014. Ilmu Gizi dan Profesi Edisi Kelima. Jakarta : Gramedia.
Dony, S. 2014. Keperawatan Anak dan Tumbuh Kembang (pengkajian dan pengukuran).Yogyakarta : Nuha Medika.
Dewandaru, S. A., Sunaryo, D. K., & Darpono, A. 2012. Key Words : Multi Bencana , Banjir , Kekeringan , SIG , Malang Raya. 1–6
Fitriani, W, 2017. Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Kemoterapi Di Ruang Hematologi Onkologi Anak. Jurnal ilmu keperawatan fakultas kedokteran.Universita Universitas Lambung Mangkurat. Diakses 2 Januari 2019 (16.30)
Halgin, R . 2012. Psikologi Abnormal Perspektif Klinis pada Gangguan Psikologis Edisi 6 Buku 1. Jakarta : Salemba Humanika.
Hastanti, B. 2020. Analysis of Vulnerability Levels to the Flash Flood Based on Social Economic and Institutional Factors in Wasior, Teluk Wondama, West Papua. Jurnal Wasian, 7(1), 25–38. https://doi.org/10.20886/jwas.v7i1.4785
Saxe G, Douglas V, Barry Z. PTSD research quarterly: traumatic stress in injured and ill children. The National Center for PTSD 2003;14:1-3.
Sumiati, S., & Sulianti, A. 2016. Pendekatan Bermain untuk Menurunkan Perilaku Menghindar pada Anak yang Mengalami Trauma Pengobatan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 113–120. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.1099
hoyibah, Z., Dwidiyanti, M., Mulianingsih, M., Nurmayani, W., & Wiguna, R. I. 2019. Gambaran Dampak Kecemasan dan Gejala Psikologis pada Anak Korban Bencana Gempa Bumi di Lombok. Holistic Nursing and Health Science, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.14710/hnhs.2.1.2019.31-38
Oktiawati, dkk. 2017. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Tegal : CV Trans Info Media
Fricke, Z. 2015. Mengenali dan Memahami Tumbuh Kembang Anak. Jogjakarta : Kahatar.
Khoirul Amin, M. 2017. POST TRAUMATIC STRESS DISORDERS PASCA BENCANA: LITERATURE REVIEW Post Traumatic Stress Disorders Post-Disaster: Literature Review. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad (JKA), X(1), 67–73. http://stikesalirsyadclp.ac.id/jka/index.php/jka/article/view/74
Hanifah, U. N., & Pratiwi, A. 2020. Gambaran kecemasan anak dengan post traumatic stress disorder sebagai dampak bencana alam angin puting beliung. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 173–184. https://core.ac.uk/download/pdf/327188763.pdf
Saputra, D. P., Alfaritdzi, R. M., & Kriswibowo, A. (2020). Model Manajemen Bencana Gunung Meletus Di Gunung Kelud. Public Administration Journal of Research, 2(2), 109–126. https://doi.org/10.33005/paj.v2i2.41
Fauziyah, R. 2016. Efektivitas Penggunaan Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta (Issue 2). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/boga/article/view/3164
Kusumaningtiyas. 2020. Pengaruh Terapi Bermain Tebak Gambar Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Pasien Anak Usia Toddler Akibat Hospitalisasi Di Rumah Sakit the Effect of Image Playing Therapy To Reduce Hospitalization Anxiety in Toddler Age Patients At Hospital. JPP) Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang, 15(2), 2654–3427. https://doi.org/10.36086/jpp.v15i1.564
Amalia, A., Oktaria, & Ktavani, D. 2018. Pengaruh Terapi Bermain terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah selama Masa Hospitalisasi. Majority, 7(2), 219–225.
Ernawati, D., Mustikasari, & Panjaitan, R. U. 2020. Gambaran Post Traumatic Stress Disorder pada Korban Bencana Alam Post Erupsi Merapi Satu Dekade. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 03(02), 101–112.
Putri, D., & Bayhakki. 2016. Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Perubahan Tingkat Insomnia Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 19–26.
Notoadmojo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Nurjannah, S. 2013a. Menejemen Bencana. Alfabeta.
Nurjannah, S. 2013b. Menejemen Bencana. Alfabeta.
Nursalam. 2013. Konsep Dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen (2nd Ed.). Salemba Medika.
Nursalam, 2016, Metode Penelitian. 2016. Nursalam, 2016. Journal Of Chemical Information And Modeling.
Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis.(P.P. Lestari,Ed.) (4th ed.). Jakarta : Salemba Medika.
Rosyidie, A. 2013a. Banjir : Fakta Dan Dampaknya , Serta Pengaruh Dari Perubahan Guna Lahan. 24(3).
Rosyidie, A. 2013b. Banjir : Fakta Dan Dampaknya , Serta Pengaruh Dari Perubahan Guna Lahan. 24(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lilis Sulistiya Nengrum , Dimas Aldi Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.