Lama Pemanasan Carbol Fuchsin Pada Pewarnaan Preparat BTA

Heating Time Carbol Fucshin In BTA Staining Preparations

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bjmlt.v6i2.7099

Keywords:

Mycobacterium tuberculosis, , Pewarnaan Ziehl Neelsen, Lama Pemanasan

Abstract

Tuberkulosis (TB paru) adalah penyakit infeksi menular yang menyerang paru-paru di sebabkan oleh bakteri Mycrobacterium tubercolusis. Salah satu pemeriksaan laboratorium yang digunakan untuk diagnosa Tubercolusis yaitu metode mikroskopis dengan pewarwaan Ziehl neelsen komponen dalam pewarnaan ini seperti Carbol Fuchsin membutuhkan adanya proses pemanasan dimana pemanasan itu akan menyerap zat warna dan akan tahan diikat tanpa mampu dilunturkan oleh peluntur yang kuat sekalipun seperti asam alkohol, tujuan penelitian ini untuk mengetahui lama pemanasan Carbol Fuchsin pada pewarnaan preparat dengan variasi waktu lama pemanasan yaitu 0 detik, 10 detik, 45 detik dan 120 detik. Sampel yang digunakan adalah sputum BTA positif yang berjumlah 6 sampel. Hasil penelitian menunjukan waktu pemanasan larutan Carbol fuchsin yang baik adalah direntang waktu 10-45 detik dimana hasil yang didapatkan warna BTA terlihat jelas, leukosit dan BTTA terlihat jelas dibandingkan dengan waktu 0 detik dan 120 detik terlihat jelas dan ada bercak merah dapat menggangu pemeriksaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riska Maulida, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fera Sartika, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Al Hidayani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anggara, Romi Y., Dermawan, Asep, Kurniati, Iis, Nurhayati, Dewi. 2019. Hasil Pewarnaan Basil Tahan asam Dengan Penambahan Carbol Fuchsin Dan Pemanasan Sputum Sebelum dan Sesudah pembuatan Sediaan. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung. 11 (1)

Alvinova, Adriyani. 2016. Gambaran Hasil Perbandingan Pemeriksaan Mikroskopis Basil Tahan Asam Dengan Variasi Carbol Fuchsin Dan Methyelen Blue.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.

Ariyani, F., Inggriani, M. dan Ilsan, N.A. 2019. Perbedaan Hasil Deteksi Pewarnaan Bakteri Tahan Asam Dan Rapid Antigen Pada Pasien Diagnosa Tuberkulosis Paru.Jurnal Mitra Kesehatan. 01(02): 101-105.

Cahyanti, A. A. 2017. Kualitas Sediaan Basil Tahan Asam Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dan Rujukan Uji Silang Dengan Metode Lqas di Kota Salatiga.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.

Dinkes Kalteng. 2022. Dinkes Kalteng Lakukan Penguatan Kapasitas Petugas Dan Kader Dalam Pengawasan Minum Obat Dan Investigasi Kontak (Diakses pada 08 Maret 2023)

Dinkes Kota Palangka Raya. 2022. Warga Palangka Raya Pernah Kena Tuberkulosis

Febriani, A., Sijid, S. A., Hidayat, K. S., Muthiadin, C. Z. dan Zulkarnain. 2022. Gambaran hasil pemeriksaan mikroskopik basil tahan asam pada penderita tuberculosis paru di BBKPM Makassar.Jurnal Mahasiswa Biologi. 2(1):21-26.

Icha, Nurmala. 2021. Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Rekonstruksi Terminal Check-In Counter Di Bandar Udara Internasional Radin Inten Ii Lampung.Skripsi.Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta, Yogyakarta

Indiyah. 2018. Hubungan Motivasi dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Penderita Tuberkulosis (Studi di Puskesmas Ngujung Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan).Skripsi.STIKes Insan Cendekia Medika Jombang, Jombang.

Jaya , A.2016. Analisa Pengendalian Mutu Internal Pemeriksaan Mikroskopis Tb Dengan Penilaian Kualitas Sediaan Bta Di Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Wilayah Semarang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.

Kenedyanti, E. dan Sulistyorini, l. 2017. Analisis Mycobacterium Tuberkulosis Dan Kondisi Fisik Rumah Dengan Kejadian Tuberkulosis Paru. Jurnal Berkala Epidemiologi. 5(2): 152–162.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/775/2019 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Tuberkulosis (10-11)

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/775/2019 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Tuberkulosis (11-13)

Mirawati, M., Lestari, E. 2017. Pengaruh Pemberian Karbol Fuchsin dan Pemanasan Sputum Sebelum pembuatan Sediaan Terhadap Hasil Pewarnaan BTA. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan. 5(1); 23 -33.

Murtfi'ah, N., Fadhilah, F. R. dan Krisdaryani, R. 2020. Perbandingan hasil pemeriksaan Mycobacterium tuberculosis dengan GeneXpert dan pewarnaan Ziehl Neelsen. Jurnal Riset Informasi Kesehatan. 9(2).

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Maulida, R., Sartika, F., & Hidayani, A. (2024). Lama Pemanasan Carbol Fuchsin Pada Pewarnaan Preparat BTA: Heating Time Carbol Fucshin In BTA Staining Preparations. Borneo Journal of Medical Laboratory Technology, 6(2), 608 –. https://doi.org/10.33084/bjmlt.v6i2.7099

Most read articles by the same author(s)