Pendapatan Rumah Tangga Karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT Uni Primacom Desa Barunang Miri Kotawaringin Timur

Household Income of Oil Palm Plantation Employees PT Uni Primacom Barunang Miri Village Kotawaringin Timur

Authors

  • Revi Sunaryati Universitas Palangka Raya
  • Abdul Mukti Universitas Palangka Raya
  • Meitiana Meitiana Universitas Palangka Raya
  • Reni Rahmawati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/daun.v10i2.5886

Keywords:

tingkat pendapatan, kesejahteraan, rumah tangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengestimasi Pendapatan Rumah Tangga Karyawan Perusahaan PT Uni Primacom. 2). Mengetahui Besaran Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Karyawan PT Uni Primacom. Penelitian lapangan dilaksanakan di Perusahaan Perkebunan PT Uni Primacom pada bulan Februari hingga April 2022. Penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan metode Slovin sebagai alat ukut untuk menghitung ukuran sampel sehingga diperoleh jumlah responden sebesar 40 responden. Dalam rata-ratanya, setiap karyawan panen setiap bulannya bisa mendapatkan pendapatan hingga mencapai lebih dari 5,8 juta yang sudah termasuk tunjangan jaminan kesehatan serta jaminan sosial dan pendidikan anak. Dan jika dijumlahkan dengan pendapatan non Gaji tetap maka dalam satu keluarga bisa mendapatkan lebih dari 6,8 juta tergantung dari pekerjaan tambahan di keluarga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Kesejahteraan rumah tangga karyawan panen di Perusahaan kelapa sawit PT Uni Primacom dari 40 responden yaitu sebanyak 40 orang atau seluruh karyawan panen masuk ke dalam kategori sejahtera dengan persentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan rumah tangga karyawan pemanen sangat tinggi. Dalam hasil tingkat berdasarkan Sajogyo didapati 3 responden masuk kategori Cukup dan 37 responden dalam kategori Hidup Layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alu, P.B.R. Pele (2012) Religiusitas Sebagai Moderator Antara Konflik Pekerjaankeluarga Dan Kesejateraan Karyawan. S2 thesis, UAJY.

Apriyanto, M, M Arpah dan A Junaidi. 2019. Analisis Kesiapan Petani Swadaya Dalam Menghadapi Rancangan Peraturan Presiden No. 44 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Kelapa Sawit Berkelanjutan Ditinjau Dari Aspek Status Lahan, Legalitas Dan Sumber Bibit Di Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol. 8, No. 1, Tahun 2019.

Badan Pusat Statistik (BPS) diakses dari https://kotimkab.bps.go.id/ indicator/6/707/1/umk-kabupaten- kota.html, diakses pada tanggal 20 Februari 2022.

Dirjen Perkebunan. 2021. Statistik Perkebunan Indonesia Tree Crop Estate Statistic OF Indonesia 2020 – 2022 Kelapa Sawit Palm Oil. Direktorat Jenderal Perkebunan : Jakarta

Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara

Mosher AT. 1987. Menciptakan Struktur Pedesaan Progresif. Disunting oleh Rochim Wirjoniodjojo. Yasaguna. Jakarta.

Noorsalim, M. 2014. Pengaruh Pembangunan Perkebunan Sawit Terhadap Masyarakat Pedalaman Kalimantan Tengah. Pusat Dokumentasi Elsam : Lembaga Studi Dan Advokasi Masyarakat.

Nugroho, H. 1995. Kemiskinan, Ketimpangan dan Pemberdayaan dalam Kemiskinan dan Kesenjangan di Indonesia. Aditya Media. Yogyakarta

Rahman, A. 2018. Identifikasi Strategi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Sungaiambawang Kabupaten Kuburaya Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Manajemen Pembangunan. Vol 5, No. 1/Juni 2018:

– 36.

Rahman, S, Nawal, dkk. 2021. Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologi Orang Dewasa. Prosiding Seminar Nasional. Fakultas Psikologi UMBY.

Rusmusi, IMP, A N Maghfira. 2018. Pengaruh Modal, Jam Kerja dan Lama usaha Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Ikan Hias Mina Restu Purwokerto Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA). Vol, 20. No, 04.

Sa’adah, L, K Jannah. 2021. Analisis Perbedaan Pendapatan Rata-rata Pengusaha dan Dampaknya untuk Perkembangan IKM (Studi Pada Toko Modern). Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 2. No. 1 Juni 2021.

Suharno, Yuprin A.D dan T Anggraeini. 2020. Jurnal Agribisnis Indonesia Vol. 14 No 1: Model Kemitraan Inti-Plasma Pada Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Yang Dikelola Sepenuhnya Oleh Perusahaan Inti (Studi pada KUD Krida Sejahtera di Provinsi Lampung). Universitas Palangka Raya.

Sunarti E. 2012. Tekanan Ekonomi dan Kesejahteraan Objektif Keluarga di Pedesaan dan Perkotaan. Prosiding Seminar Hasil-Hasil Penelitian IPB. Bogor [ID]: LPPM.

Suryawati. 2004. Teori Ekonomi Mikro. UPP. AMP YKPN. Yogyakarta: Jarnasy.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Sunaryati, R., Mukti, A., Meitiana, M., & Rahmawati, R. (2023). Pendapatan Rumah Tangga Karyawan Perkebunan Kelapa Sawit PT Uni Primacom Desa Barunang Miri Kotawaringin Timur: Household Income of Oil Palm Plantation Employees PT Uni Primacom Barunang Miri Village Kotawaringin Timur. Daun: Jurnal Ilmiah Pertanian Dan Kehutanan, 10(2), 215–222. https://doi.org/10.33084/daun.v10i2.5886