IMPLIKASI TEORI MAQASID AL-SYARI’AH AL-SYATIBI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.33084/jhm.v9i1.3717Keywords:
Maqashid Syariah, Perilaku KonsumenAbstract
Tulisan ini membahas bagaimana nilai-nilai dalam maqashid syariacah yang dicetuskan oleh Al-Syatibi berimplikasi terhadap perilaku konsumen dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi pustaka (library research). Pada penelitian ini dijelaskan bahwa dalam konsumsi berasaskan maslahah dalam maqashid syariah, konsumen tidak hanya mendapatkan manfaat dari barang atau jasa, mereka juga akan mendapatkan berupa mardhatillah (keridhaan Allah) bertolak belakang dengan konsep konvensional, yang mana konsumen hanya mendapatkan kepuasan dari pemggunaan barang atau jasa. Pada dasarnya implikasi diterapkannya konsep maqashid syariah dalam kegiatan konsumsi akan memperhatikan prioritas maslahat yaitu d{aru>riya>h (kebutuhan primer), ha>jiya>h (kebutuhan sekunder), dan tah}si>niya>h (kebutuhan tertier yang bersifat pelengkap dan aksesoris).
Downloads
References
in Microeconomics: An Islamic Perspective, Malaysia: Longman Malaysia, 1992. Mth, Asmuni, “Etika Ekonomi Perspektif al-Maqa>s}id,” AzZarqa’, Vol. 3 No. 2 (Desember 2012). Khan, M. Fahim, “Theory of Consumer Behaviour in an Islamic Perspective,” dalam Sayyid Tahir, dkk (ed.), Reading in Microeconomics: An Islamic Perspective, Malaysia: Longman Malaysia, 1992. AM. M. Hafidz, “Maqashid Syari‟ah dalam Ekonomi Islam (dari jurassic park Menuju Superioritas Ekonomi Islam),” http://hafizms.wordpress.com/ 2008/03/25/maqashid-syariah-dalam-ekonomiislam/, akses 17 Mei 2013 Pujiyono, Arif, “Teori Konsumsi Islam,” Jurnal Dinamika Pembangunan, Vol.3. No.2 (Desember 2006). Janah, Unun Roudhatul, “Preferensi Konsumsi dalam Islam (Telaah atas Konsep Mas}lah}ah pada Perilaku Konsumen,” Justitia Islamica, Vol.5 No. 2 (JuliDesember 2008).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.