IMPLIKASI TEORI MAQASID AL-SYARI’AH AL-SYATIBI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

Authors

  • Faqih El Wafa UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v9i1.3717

Keywords:

Maqashid Syariah, Perilaku Konsumen

Abstract

Tulisan ini membahas bagaimana nilai-nilai dalam maqashid syariacah yang dicetuskan oleh Al-Syatibi berimplikasi terhadap perilaku konsumen dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi pustaka (library research). Pada penelitian ini dijelaskan bahwa dalam konsumsi berasaskan maslahah dalam maqashid syariah, konsumen tidak hanya mendapatkan manfaat dari barang atau jasa, mereka juga akan mendapatkan berupa mardhatillah (keridhaan Allah) bertolak belakang dengan konsep konvensional, yang mana konsumen hanya mendapatkan kepuasan dari pemggunaan barang atau jasa. Pada dasarnya implikasi diterapkannya konsep maqashid syariah dalam kegiatan konsumsi akan memperhatikan prioritas maslahat yaitu d{aru>riya>h (kebutuhan primer), ha>jiya>h (kebutuhan sekunder), dan tah}si>niya>h (kebutuhan tertier yang bersifat pelengkap dan aksesoris).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Faqih El Wafa, UIN Antasari Banjarmasin

References

Abdullah, Boedi, Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2010. Ariyadi, Ariyadi. "Bisnis Dalam Islam." Jurnal Hadratul Madaniyah 5.1 (2018): 13-26. Ariyadi, A. (2017). Metodologi Istinbath Hukum Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili. Jurnal Hadratul Madaniyah, 4(1), 32-39. Muflih, Muhammad, Perilaku Konsumen dalam Persfektif Ilmu Ekonomi Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006. Yukti, Rospala Hanisah, Ariyadi Supriadi, and Ariyadi Ariyadi. "The Role of the Islamic Economic System in Tackling Global Economic Recession in the COVID-19 Era." ICIC 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Islamic Civilization, ICIC 2020, 27th August 2020, Semarang, Indonesia. European Alliance for Innovation, 2020. Sanawiah, S. Ag, and S. H. I. Ariyadi. FIQIH MUAMALAH; Menggagas Pemahaman Fiqih Kontemporer. Penerbit K-Media. Setiadi, Nugroho J., Perilaku Konsumen: Persfektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen, Jakarta: Kencana, 2010. Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen, alih bahasa Zoelkifli Kasip, Jakarta: Indeks, 2008. Syaikhu, Syaikhu, Ariyadi Ariyadi, and Norwili Norwili. "Fikih Muamalah: Memahami Konsep dan Dialektika Kontemporer." (2020). Chamid, Nur, Jejak Langkah Sejarah Permikiran Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010. Karim, Adiwarman, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo, 2012. Mas‟ud, Muhammad Khalid, Filsafat Hukum Islam: Studi tentang Hidup dan Pemikiran al-Syatibi, Bandung: Pustaka, 1996. Nasution, Mustafa Edwin, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006. Siddiqi, Muhammad Najetullah, “Islamic Consumer Behaviour”, dalam Sayyid Tahir, dkk (ed.), Reading
in Microeconomics: An Islamic Perspective, Malaysia: Longman Malaysia, 1992. Mth, Asmuni, “Etika Ekonomi Perspektif al-Maqa>s}id,” AzZarqa’, Vol. 3 No. 2 (Desember 2012). Khan, M. Fahim, “Theory of Consumer Behaviour in an Islamic Perspective,” dalam Sayyid Tahir, dkk (ed.), Reading in Microeconomics: An Islamic Perspective, Malaysia: Longman Malaysia, 1992. AM. M. Hafidz, “Maqashid Syari‟ah dalam Ekonomi Islam (dari jurassic park Menuju Superioritas Ekonomi Islam),” http://hafizms.wordpress.com/ 2008/03/25/maqashid-syariah-dalam-ekonomiislam/, akses 17 Mei 2013 Pujiyono, Arif, “Teori Konsumsi Islam,” Jurnal Dinamika Pembangunan, Vol.3. No.2 (Desember 2006). Janah, Unun Roudhatul, “Preferensi Konsumsi dalam Islam (Telaah atas Konsep Mas}lah}ah pada Perilaku Konsumen,” Justitia Islamica, Vol.5 No. 2 (JuliDesember 2008).

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Wafa, F. E. (2022). IMPLIKASI TEORI MAQASID AL-SYARI’AH AL-SYATIBI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN. Jurnal Hadratul Madaniyah, 9(1), 38–47. https://doi.org/10.33084/jhm.v9i1.3717