MANAJEMEN KONFLIK PEMILU PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Rusdiana Rusdiana IAI Darussalam Martapura

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v10i2.6030

Keywords:

Manajemen Konflik, Pemilu, Islam

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh adanya konflik pemilu yang menyebabkan terjadinya perpecahan dan pertikaian antar golongan, oraganisasi, ras, suku dan sebagainya. Oleh karena itu, artikel ini membahas tentang manajemen konflik pemilu perspektif Islam yang bertujuan  untuk mengantisipasi terjadinya konflik pemilu tersebut sehingga tercipta Masyarakat yang rukun, aman dan damai.  Jenis penelitian ini adalah tergolong library research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah buku dan jurnal yang berkaitan dengan manajemen dan juga konflik pemilu perspektif Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konflik dalam pemilu adalah hal yang tidak bisa dihindarkan. Konflik bisa menjadi masalah serius dalam sebuah negara dan bahkan dapat merusak persatuan dan kesatuan Masyarakat. Manajemen konflik pemilu perspektif Islam bertujuan untuk mencapai kedamaian, ketertiban dalam Masyarakat dengan cara mengelola konflik tersebut seperti negosiasi yang dapat dilakukan oleh pihak-pihak yang sedang berkonflik dengan tujuan untuk mencari jalan keluar dari permasalahan dan pertentangan antar kelompok dengan melakukan kesepakatan bersama. Negosiasi menjadi salah satu solusi dalam penyelesaian perselisihan antar kelompok partai politik dan Masyarakat dalam pemilu, seperti yang telah tertuang dalam beberapa ayat Q.S Ali Imran Ayat 105, Q.S Asy-Syuura:37-38, Q.S Yusuf  ayat 80, Q.S Al-Hujurat ayat 9 dan tentunya bisa menjadi pedoman umat Muslim dalam startegi manajemen konflik pemilu.

Kata Kunci : Manajemen Konflik, Pemilu, Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rusdiana Rusdiana, IAI Darussalam Martapura

References

Bashori. 2016. “Manajemen Konflik Di Tengah Dinamika Pondok Pesantren Dan Madrasah.” Jurnal Muslim Heritage 1 (2).

Boty, Middya. 2015. “Agama Dan Perubahan Sosial (Tinjauan Perspektif Sosiologi Agama).” Jurnal Istinbath 14 (14).

Fanani, A. 2013. “Model Resolusi Konflik Alternatif Dalam Hukum Islam.” Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam 7 (2).

Fathurrohman. 2022. “Peran Pendidikan Islam Dalam Resolusi Konflik Sosial Dan Moral Di Indonesia.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (1).

Jati. 2013. “Kearifan Lokal Sebagai Resolusi Konflik Keagamaan. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan” 21 (2).

Khusnurridho, Haya. 2020. Kepemimpinan Dan Manajemen Konflik. Probolonggo: El-Rumi Press.

Lola Malihah, Hilyanti, Mera Murliana. 2022. “Peran Kepemimpinan Dalam Organisasi.” SURPLUS : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1 (1).

Muliati. 2016. “Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Menurut Perspektif Islam.” Jurnal Tingkap 12 (1).

Muthmainnah, Siti. 2014. “Peran Dakwah Dalam Mengatasi Konflik-Konflik Sosial Masa Kini.” Jurnal: Universitas Negeri Makassar.

Noor. 2018. “Penilaian Kualitas Informasi Sebagai Bentuk Sikap Tabayyun Ketika Menerima Informasi Di Sosial Media Dan Internet.” BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi 2 (1).

Pettalongi. 2013. “Islam Dan Pendidikan Humanis Dalam Resolusi Konflik Sosial.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2 (1).

Rachma, Nadia Chairunisa. 2017. Analisis Dan Resolusi Konflik Lahan Studi Kasus : Konflik Lahan Antara Paud Islam Mandiri Dengan Pembangunan RPTRA. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Bandung: Pustaka Setia.

———. 2023. Organisasi Perbankan Dan Kepemimpiinan. Jawa Tengah: Pena Persada.

Saihu. 2019. “Pendidikan Pluralisme Agama: Kajian Tentang Integrasi Budaya Dan Agama Dalam Menyelesaikan Konflik Sosial Kontemporer.” Jurnal Indo-Islamika 9 (1).

Sampe, Ferdinandus. 2022. Manajemen Konflik Strategi Pengelolaan Konflik Dalam Organisasi. Jawa Tengah: CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Septiyan Hudan Fuadi. 2020. “Resolusi Konflik Sosial Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Adat Pada Pemilihan Kepala Desa Bajang Mlarak Ponorogo.” Al-Manhaj: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam 2 (1).

Siti Asiah. 2018. Manajemen Konflik Teori Dan Aplikasi. Gorontalo: Pustaka Cendikia.

Sudarmanto, Eko. 2021. Manajemen Konflik. Makassar: Yayasan Kita Menulis.

Sudira, Nyoman. 2017. “Resolusi Konflik Dalam Perubahan Dunia.” Global Jurnal Politik Internasional 19 (2).

Sugiyono. 2015. “Prespektif Sosiologi Agama (Studi Kasus Konflik Desa Kaligondo Banyuwangi).” Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam 7 (1).

Tualeka, M. Nur Wahid. 2017. “Teori Konflik Sosiologi Klasik Dan Modern.” Jurnal Al-Hikmah 3 (1).

Waeduloh, Hasan. 2014. “Manajemen Konflik Dalam Perspektif Dakwah.” Jurnal Dakwah Tabligh 15 (1).

Wartini. 2015. “Strategi Manajemen Konflik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Teamwork Tenaga Kependidikan.” Jurnal Manajemen Dan Organisasi 6 (1).

Wirawan. 2013. Konflik Dan Manajemen Konflik Teori, Aplikasi, Dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Zainal. 2014. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pres.

Zuly, Qodir. 2014. Radikalisme Agama Di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Rusdiana, R. (2023). MANAJEMEN KONFLIK PEMILU PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Hadratul Madaniyah, 10(2), 46–53. https://doi.org/10.33084/jhm.v10i2.6030