APLIKASI KASIR BERBASIS WEB DI KEDAI KOPI XYZ MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Web-Based Cashier Application At XYZ Coffee Shop Using The Waterfall Method

Authors

  • Muhammad Irham Maulana Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Danur Wijayanto Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.5002

Keywords:

Cashier Application, Website, Waterfall, Blackbox Testing, Black Box Testing, PHP, MySQL

Abstract

Perkembangan teknologi informasi diera modernisasi dan teknologi canggih saat ini, setiap orang dituntut untuk dapat menyajikan informasi dengan cepat dan akurat tidak terkecuali Kedai Kopi Xyz. Kedai kopi Xyz yang menyediakan aneka macam kopi, cemilan, dan makanan ringan masih menggunakan kasir secara manual dalam proses transaksinya. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan penghitungan dan pencatatan yang berdampak pada efisiensi waktu dan akurasi data. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini ingin menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengembangkan aplikasi kasir berbasis web. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah proses transaksi pembayaran, pemesanan menu makanan, dan minuman. Aplikasi dikembangkan menggunakan metode waterfall. Metode waterfall dipilih karena pengembangan sistem dilakukan secara terstruktur dan terurut. Pada tahapan desain, penulis menggunakan beberapa alat bantu seperti Unified Modeling Language (UML) dan menghasilkan diagram Use Case, Activity, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi kasir berbasis website yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dengan fitur tagihan otomatis dengan kemampuan untuk mengubah jumlah, menghapus item, dan sistem pembayaran, Sehingga membantu mengurangi kesalahan perhitungan. Aplikasi dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan fitur-fitur seperti manajemen stok barang dan laporan keuangan yang dapat membantu pemilik bisnis dalam memantau perkembangan bisnisnya serta dapat mengembangkan dalam bentuk aplikasi Android atau iOS.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Irham Maulana, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Danur Wijayanto, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

References

Handoko Agustin, Yoga Latifah, Ayu Fikri Nugraha, Andi, 2021. Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Kasir pada Kafe Restorasi Kopi Berbasis Web. Jurnal Algoritma Vol. 18; No. 1, 302–312.

Hasanah, Fitri, N., Untari, R.S., 2020. Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak . Diterbitkan Oleh Umsida Press Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2020.

Hendini, A., 2016. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika Vol. IV NO.2, 107–115.

Hidayat, Rahmat Marlina, Siti Dini Utami, Lila, 2017. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 172–182.

Hidayati, N., 2019. Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal Vol.3 No.1, 2850–4952.

Mohammed, M.A., Abdul Kareem Muhammed, D., Abdullah, J.M., 2015. International Journal of Multidisciplinary and Scientific Emerging Research Practical Approaches of Transforming ER Diagram into Tables. International Journal of Multidisciplinary and Scientific Emerging Research 4, 2349–6037.

Saputri, Zia Rizki Nur Oktavia, Anzani Ramdhani, Lis Saumi Suherman, 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web Pada Cafe Surabiku. Jurnal Teknologi dan Informasi Vol 9.

Snadhika Jaya, T. Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT) 03.

Susilo, M., Kurniati, R., 2018. Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan). Vol.2 No.2, 2540–7597.

Wibisono, W., Baskoro, F., 2002. Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Model Behaviour Uml. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi informasi Vol.1 No.1, 43–50.

Widianto, K., Rahmatullah, S., Rifai, A., 2014. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK).

Buku

Hasanah, Fitri, N., Untari, R.S., 2020. Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak . Diterbitkan Oleh Umsida Press Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2020.

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Maulana, M. I., & Wijayanto, D. (2023). APLIKASI KASIR BERBASIS WEB DI KEDAI KOPI XYZ MENGGUNAKAN METODE WATERFALL : Web-Based Cashier Application At XYZ Coffee Shop Using The Waterfall Method. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(2), 66–72. https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.5002