Identifikasi Mutu Roasting Biji Kopi Menggunakan Fitur Warna Dan Backpropagation

Authors

  • Alfarabi Taslim Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Sakina Sudin Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Muhammad Dzikrullah Suratin Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.5600

Keywords:

Level Roasting, Biji Kopi, RGB, Backpropagation

Abstract

Kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari oleh masyarakat dunia. Identifikasi jenis kopi yang telah diroasting secara kasat mata sangat sulit untuk dibedakan bagi masyarakat pada umumnya sehingga diperlukan sebuah keahlian khusus. Oleh karena itu, penting untuk dapat mengidentifikasi level roasting pada biji kopi secara tepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan metode level roasting biji kopi yaitu light, medium, dark menggunakan metode Fitur Warna dan Backpropagation. Metode ini diharapkan dapat membantu para roast dalam menentukan level roasting yang ditentukan. Data set citra biji kopi dengan level roasting light, medium, dark terdiri dari 600 data citra biji kopi yang dibagi menjadi dua yaitu untuk data latih 420 data dan 180 untuk data uji. Metode Fitur Warna digunakan untuk mengekstraksi fitur-fitur dari citra biji kopi. Metode Backpropagation digunakan untuk melatih model prediksi untuk memperkirakan level roasting pada biji kopi. Metode Fitur Warna dan Backpropagation dapat menghasilkan tingkat akurasi yang lumayan tinggi yaitu 88,66% pada tahap pengujian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfarabi Taslim, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Sakina Sudin, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Muhammad Dzikrullah Suratin, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

References

Agmalaro, M. A., Kustiyo, A., & Akbar, A. R. (2013). Identifikasi Tanaman Buah Tropika Berdasarkan Tekstur Permukaan Daun Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, 2(2), 73-82.

Al Rivan, M. E., Rachmat, N., & Ayustin, M. R. (2020). Klasifikasi Jenis Kacang-Kacangan Berdasarkan Tekstur Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal Komputer Terapan, 6(1), 89-98.

Anwar, N. (2023). Pengenalan Warna Terhadap Objek Dengan Model Analisis Elemen Data Warna Gambar Berbasis Deep Neural Network. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 23-31.

Asiah, Nurul dkk.(2017). Identifikasi Cita Rasa Sajian Tubruk Kopi Robusta Cibulao Pada Berbagai Suhu Dan Tingkat Kehalusan Penyeduhan. Barometer, Volume 2 No.2, 52-56.

Fitri, Z.E. dkk.(2021). Penerapan Fitur Warna dan Tekstur untuk Identifikasi Kerusakan Mutu Biji Kopi Arabika (Coffe Arabica) di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 123-127.

Hammado, N., & Hasrianti, H. (2017, Mei). PENGARUH DOSIS STARTER PULP KAKAO TERHADAP PEMBENTUKAN NATA DE CACAO. Dalam Proceeding International Conference on Natural and Social Science (ICONSS) 2017 (Vol. 1, No. 1).

Hamni, A. (2013). Rancang Bangun dan Unjuk Kerja Mesin Pengupas Kulit Biji Kopi Basah Sistem Rol Karet yang Produktif dan Ergonomik. MECHANICAL, 4(2).

Maulidan, M., & Alam, T. S. (2018). Insomnia dan Kecemasan pada Masyarakat yang Mengkonsumsi Kopi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 3(2).

Murinto, M., & Agus, H. (2011). Segmentasi Citra Menggunakan Watershed Dan Itensitas Filtering Sebagai Pre Processing. Telematika, (6).

Panggabean, I. E. (2011). Buku pintar kopi. AgroMedia.

Prastyaningsih, Yunita dkk.(2020). Identifikasi Jenis Biji Kopi Menggunakan Ekstraksi Fitur Tekstur Berbasis Content Based Image Retrieval. Computer Selence and Informatics Journal Vol. 3, No.2, 105-116.

Puspaningrum, R. (2006). STATISTIK UJI ANALISIS VARIANSI DUA ARAH DENGAN METODE BAYES (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Sari, R. N. (2023). Identifikasi penyakit Mata pada citra mata dengan menggunakan Fitur Ekstraksi Gray Level Co-occurency Matrix (GLCM). Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 12(1), 63-74.

Sudarsono, Aji(2016). "Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Bacpropagation (Studi Kasus Di Kota Bengkulu)." Jurnal Media Infotama 12.1.

Syaeful, A., Fadillah, M. I., Muftadi, I., & Iskandar, D. (2022). Klasifikasi Citra Bunga Dahlia Berdasarkan Warna Menggunakan Metode Otsu Thresholding Dan Naïve Bayes. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 6(1), 575-582.

Usman, Ahmad (2005). Pengolahan Citra Digital dan Teknik Pemrogramannya. Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu

Utami, H. N., & Kamilia, N. (2017). Persepsi Konsumen Thematic Coffee House Terhadap Merek, Kualitas Produk Dan Pelayanan Serta Nilai Pelanggan Produk Kopi Lokal (Survei Konsumen Filosofi Kopi Jakarta Selatan). Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 60-72.

Widyasanti, Asri dkk(2019). "Uji kinerja dan analisis ekonomi mesin roasting kopi (Studi kasus di Taman Teknologi Pertanian Cikajang-Garut)." Jurnal Teknotan, 1-7

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Taslim, A., Sudin, S., & Suratin, M. D. (2023). Identifikasi Mutu Roasting Biji Kopi Menggunakan Fitur Warna Dan Backpropagation. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 90–93. https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.5600