ANALISIS DAN PERANCANGAN SUMAKU BERBASIS WEB (Studi Kasus: BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI KALIMANTAN TENGAH)

Authors

  • Hotmian Sitohang STMIK Palangka Raya
  • Debi Debi STMIK Palangka Raya
  • Yogi Aprilianur STMIK Palangka Raya
  • Aska Apriani STMIK Palangka Raya
  • Friskila Pebriola STMIK Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.6156

Keywords:

Analisis dan Perancangan, SUMAKU, Web

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dalam era globalisasi, penggunaan perangkat komputer sebagai perangkat pendukung serta pengolahan data adalah hal yang sangat penting untuk mempercepat kegiatan administrasi. Namun pada dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik saat ini proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar masih belum dilakukan secara komputerisasi atau masih dilakukan secara konvensional, yaitu dengan cara mencatat data surat masuk dan surat keluar ke dalam buku agenda. Proses yang dilakukan dengan cara tersebut akan mengalami kendala seperti kesulitan dalam pencarian surat dan mengalami kehilangan surat. Dengan adanya permasalahan ini, peneliti melakukan analisis dan perancangan website untuk pengarsipan SUMAKU (Surat Masuk dan Keluar) dengan menggunakan metode kualitatif sebagai Metode Penelitian dan Balsamiq Mockup sebagai rancangan Desain Sistem. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Perancangan dibuat sesuai dengan kebutuhan pada dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah. Sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu solusi agar dapat diimplementasikan dan direalisasikan oleh instansi yang berkaitan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hotmian Sitohang, STMIK Palangka Raya

Debi Debi, STMIK Palangka Raya

Yogi Aprilianur, STMIK Palangka Raya

Aska Apriani, STMIK Palangka Raya

Friskila Pebriola, STMIK Palangka Raya

References

Abdul Wahid, Aceng. 2020. “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK (November): 1–5.

Adani, Muhammad Robith. 2020. “Metode Waterfall: Pengertian, Sejarah, Manfaat & Tahapanya.” Sekawan Media.

Endang Anjarwani, Sri, and Moh Ali Albar. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat Dan Kearsipan Pada Sekretariat Daerah Provinsi NTB Berbasis Web http://jcosine.if.unram.ac.id/.

Erwin Suhandono, Yunita Sari, and Yogi Hamdan Putra. 2019. “Analisis Dan Perancangan Sistem Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Jakarta Utara.” Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi 1(2): 73–80.

H. A., Selvia. 2023. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pada Bumdes Ha Thaka di Desa Kandui Berbasis Web. STMIK Palangka Raya.

Hanindia, Made, and Prami Swari. 2019. “Rancang Bangun Media Pembelajaran E-Learning Di Sma Muhammadiyah 1 Denpasar, Bali.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer 5: 1.

Julianto, Simatupang, and Sianturi Setiawan. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online.” Simatupang, Julianto Sianturi, Setiawan 3(2): 11–25.

Kuncoro, Aristo Ari., M.Kom. 2022. “No Title.”

Londa, Maria Adelvin, Yohanes Ardianus Wee, and Melky Radja. 2022. “Implementasi Sistem Informasi Monitoring Disposisi Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Website.” MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer 21(2): 379–88.

Maria Adelvin Londa, Yohanes Ardianus Wee, Melki Radja. 2022. “Sistem Informasi Monitoring Disposisi Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Website.” Jurnal Manajemen, Teknik Informatika, dan Rekayasa Komputer Vol. 21, No. 2, pp. 377∼386

Okpatrioka, Okpatrioka. 2023. “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan.” Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya 1(1): 86–100.

Putra, Andre Pramana. 2021. “Pembuatan Website Sistem Informasi Pariwisata (Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magetan).” Skripsi, Program Sarjana Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Putra, Eddie Krishna, Wina Witanti, Intan Vidia Saputri, and Syarifudin Yoga Pinasty. 2020. “Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Web Di Kecamatan XYZ.” IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika 4(2): 55–64.

R. Haryo. 2023. Aplikasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web Pada Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah. STMIK Palangka Raya.

Rejeki1, Sri, Kusdarnowo Hantoro, and Rakhmat Purnomo. 2020. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Di Dinas Lingkungan Hidup.” Journal of Information and Information Security (JIFORTY) 1(2): 125–40. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jiforty.

Sonata, Fifin -. 2019. “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer.” Jurnal Komunikasi: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika 8(1): 22.

Suhandono, Erwin, Yunita Sari, and Yogi Hamdan Putra. 2019. “Analisis Dan Perancangan Sistem Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Jakarta Utara.” Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi: 73–80.

Sumiati, Sri Endang Anjarwani, Moh. Ali Albar (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat dan Kearsipan pada Sekretariat Daerah Provinsi NTB Berbasis Web. J-COSINE, Vol. 2, No. 1.

Suhandono, Erwin, Yunita Sari, and Yogi Hamdan Putra. 2019. “Analisis Dan Perancangan Sistem Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Jakarta Utara.” Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi: 73–80.

Suparyanto dan Rosad. 2020. “Perancangan Proses Mendesain.” Suparyanto dan Rosad 5(3): 248–53.

Yani, Ahmad. 2018. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Pada STIKOM Dinamika Bangsa Jambi.” Jurnal Ilmiah Media Sisfo 12(2): 1076–85.

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Sitohang, H., Debi, D., Aprilianur, Y., Apriani, A., & Pebriola, F. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN SUMAKU BERBASIS WEB (Studi Kasus: BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI KALIMANTAN TENGAH). Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 94–101. https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.6156