Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Anak Di Desa Petuk Ketimpun Provinsi Kalimantan Tengah
DOI:
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i2.872Keywords:
implementasi media ajar, bahasa Inggris, multimedia, young learnerAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari telah terbukti dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Begitu pula dalam bidang Pendidikan. Teknologi yang beragam telah mentranformasi bebrapa aspek dalam dunia Pendidikan. Salah satu aspek tersebut adalah media pembelajaran. Ragam dan bentuk media pembelajaran yang beragam dapat mempengaruhi minat anak dalam mempelajari suatu bidang pelajaran. Pelajaran bahasa Inggris yang selalu lekat dengan penggunaan buku teks dan kamus dapan menjadi lebih variatif jika media pembelajaran yang digunakan mendapat sentuhan teknologi. Penerapan aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia bahasa Inggris yang telah dibuat dengan menggunakan metode MDLC (Mutimedia Development Life Cycle) diharapkan mampu memudahkan anak untuk belajar bahasa Inggris baik secara mandiri maupun didampingi oleh guru. Desa Petuk Ketimpun dipilih sebagai objek penelitian karena lokasinya yang berada dipinggiran kota Palangkaraya. Sehingga penelitian ini juga memiliki misi untuk memperkenalkan teknologi kepada anak-anak dan masyarakat didaerah tersebut.
Downloads
References
Djaali. 2012. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung : Informatika Bandung.
Hariana, E., Guardian Yoki Sanjaya, Annisa Ristya Rahmanti, Berti Murtiningsih, dan Eko Nugroho. 2013. Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Di DIY. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. Hal. 428-343
Hurlock, Elizabeth. 2003. Psikologi Perkembangan. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Jogiyanto, H. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV. Jogyakarta: ANDI
Kendall, K.E. dan Julie, E.K., 2011, Systems Analysis and Design, Prentice Hall, New Jersey
Khodareza & Komachali, E. (2012). The Effect of Using Vocabulary Flashcard on Iranian on Iranian Pre-University Students’ Vocabulary Knowledge. Canadian Center of Science and Education Journal, 5 (3): 134-147.
Mahedy, K. (2012). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis multimedia Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Ipa Mahaanak Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Prosiding APTEKINDO, 6(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/70/64
Purwanto, M. Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV
Ramdhani, M. T. 2018. Manajemen Pengembangan Kurikulum 2013 Berbasis Komputer di SMPN 6 Palangka Raya. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 1 e-ISSN 2655-7460.
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.453
Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada.
Sitompul, E. (2014). Teaching Vocabulary Using Flashcards and Word List. Journal of English and Education, 1(1), 52-58. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/L-E/article/view/325/214
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Santoso, Insap. 2009. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset
Winkel. 2004. Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar, Jakarta: Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.