Pengaruh Ukuran Sampel Terhadap Model Bangkitan Perjalanan Kota Palangka Raya

Authors

  • Nirwana Puspasari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/mits.v4i2.343

Keywords:

Sampel, Model, Bangkitan Perjalanan

Abstract

Kemampuan model untuk menjelaskan variasi yang terjadi diukur dengan nilai koefisien Determinasi (Model yang sederhana dengan nilai yang tinggi akan jauh lebih baik daripada model dengan variabel yg lebih lengkap dengan nilai yang lebih rendah. Untuk ukuran sampel 100 % model terbaik adalah Y = -3,666 + 0,635.P dengan R2 = 0,998, sedangkan untuk sampel 75 % model terbaik adalah Y = -3,065+ 0,641.P dengan R2 = 0,998 dan untuk sampel 50 % model terbaik adalah Y = -2,707 + 0,645.P dengan R2 = 0,998, dimana P adalah jumlah penduduk dan Y adalah jumlah bangkitan perjalanan. Pengaruh ukuran sampel dapat dilihat dari perubahan koefisien model bangkitan perjalanan, yang menunjukan bahwa semakin kecil ukuran sampel yang diambil maka koefisien variabel bebasnya semakin besar. Perbandingan sampel 100 % dengan 75 % diperoleh nilai ha = 2,hb = 0,hbp = 2, perbandingan sampel 100 % dengan 50% diperoleh nilai h = 2,25 , h = 0, h = 0 , a b bp dan perbandingan sampel 75 % dengan 50 % diperoleh nilai ha = 2,909, hb = 0,101, hbp = 0,182 yang ternyata kurang dari h tabel = 3,841 pada taraf kepercayaan 0,95.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nirwana Puspasari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Civil Engineering Lecturer

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

 

References

Brutton, M. J, 1985, Intruduction to Transportation Planning, Hutchinson and Co Ltd, London.
BPS. 1999, Kotamadya Palangka Raya Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Palangka Raya.
Hobbs. F.D, 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Isya. M, 1998, Model Bangkitan Pergerakan Keluarga Dari Zona Perumahan (Studi Kasus Perumahan Kajhu Aceh Besar), Prosiding Simposium I-Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, Bandung 3 Desember 1998, Institut Teknologi Bandung.
Sigit. M, 1993, Model Bangkitan Lalu Lintas; Studi Kasus Perumahan Antapani, Kodya Bandung, Tesis S2 Transportasi, Jurusan Teknik Sipil; Institut Teknologi Bandung.
Pignataro. Louis J, 1973, Traffic Engineerring Theory and Practise; by Prentice-Hall; inc. Englewood Cliffs; New Jersey.
Tamin. O. Z, 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi ke-2, Penerbit Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Walpole. R. E dan Meyer. RH, 1950, Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insinyur & Ilmuwan (Terjemahan); Edisi ke-4, Penerbit Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Puspasari, N. (2016). Pengaruh Ukuran Sampel Terhadap Model Bangkitan Perjalanan Kota Palangka Raya. Media Ilmiah Teknik Sipil, 4(2), 133–141. https://doi.org/10.33084/mits.v4i2.343