Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Siskomdig Menggunakan Media E-Learning Si-Bajakah Dikelas X Smkn 3 Palangkaraya
Analysis Of Learning Difficulties Of Students At Siskomdig Subjects Using Si-Bajakah E-Learning Media In Class X Smkn 3 Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2638Keywords:
Analisis, Kesulitan Belajar, Siskomdig, SI-BAJAKAHAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar Siskomdig menggunakan media pembelajaran SI-Bajakah kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara kepada peserta didik kelas X Perhotelan 2 dan Guru mata pelajaran Siskomdig di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Palangka Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Sistem Komunikasi Digital dikarenakan keterbatasan kemampuan peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran SI-BAJAKAH, selain itu ada kesulitan atau kendala lain yaitu keterbatasan jaringan
Downloads
References
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Diplan & Setiawan, A. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jawa Tengah:CV. Sarna Untung.
Ismail. (2018). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Anterior Jurnal, 2, 30-43.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nazir, M. (2005 ) Metode Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia
Novi, P.S. (2016). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa Berprestasi Rendah di Kelas IV SD Negri Se-Kecamatan Ngamplek. Anterior Jurnal, 8, 813-826.
Permadi, Ade Salahudin, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Satori, Djam’an & Komariah, A. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
Setiawan, M Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Subiyantoro., dkk. (2013). Simulasi Digital. Surabaya:Kementerian & Kebudayaan
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:PT. Alfabet
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi ( Mixed Methods). Bandung:PT. Alfabet
Yudhi Munadi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan:Referensi
Yulinda, S.E. (2010). Kesulitan Belajar. Anterior Jurnal, 73, 33-47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.