Hubungan Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS II
The Relationship Of Learning Style And Learning Motivation With The Economic Learning Outcomes Of Students In Class XI IPS II
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3582Keywords:
Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan gaya belajar peserta didik dengan hasil belajar ekonomi pada kelas XI IPS II di SMA Negeri 1 Palangka Raya, 2) Hubungan motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar ekonomi pada kelas XI IPS II di SMA Negeri 1 Palangka Raya, 3) Hubungan gaya belajar dan motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS II di SMA Negeri 1 Palangka Raya.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metodelogi kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS II di SMA Negeri 1 Palangka Raya yaitu sebanyak 37 orang peserta didik.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 (tiga) variabel yaitu variabel bebas gaya belajar dan motivasi belajar, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar ekonomi. Dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket/tes dan teknik analisis menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda.
Hasil penelitian terhadap 37 orang peserta didik kelas XI IPS II di SMA Negeri 1 Palangka Raya yang menjadi populasi penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada hubungan positif yang signifikan gaya belajar peserta didik dengan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS II di SMA Negeri 1 Palangka Raya dengan koefisien korelasi Γ_x1y 0,459,termasuk hubungan sedang, 2) Ada hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar peserta didik dengan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS II di SMA Negeri 1 Palangka Raya dengan koefesien korelasi Γ_x1y= 0,558, termasuk hubungan sedang, 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS II di SMA Negeri 1 Palangka Raya dengan koefesien korelasi Γ_x1x2y= 0,586, termasuk hubungan yang sedang.
Downloads
References
Anonim, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gaya Belajar”, http://Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Belajar_Wawasan Pendidikan. htm, diakses pada 28 September 2015.
Anonim, 2016. “Gaya Belajar Siswa, Pengertian Tipe dan Faktor yang Mempengaruhi”, http://Gaya Belajar Siswa, Pengertian Tife Dan Faktor Yang Mempengaruhi_Pendidikan Kewarganegaraan. htm, diakses 28 September 2015.
Bobbi Deporter dkk, Quantum Teaching: mempraktikkan Quantum Learning di Ruang ruang Kelas, Bandung: Kaifa, 2010, hlm. 85
De Porter, Bobbi, dkk. 2000. “Quantum Teaching”. Bandung: Kaifa.
Dimyati, Midjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), hlm. 3.
Dimyati, Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, hlm 202-208.
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan(Psikologi Perkembangan Peserta Didik).Bandung: Pustaka Setia.
Fitri Indra Wati, 2019.“Hubungan Gaya Belajar dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Ekonomi”, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
Hamzah B. Uno, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010, h. 181
Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa” Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar, Indonesia, 2017
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: PT
Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.2008) h.228 Sumber : http://digilib.itb.ac.id
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000), hlm. 84.
Nurkidam “Hubungan Antara Gaya Belajar dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajr” Jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Prepare.
Nurlia, Yusminah Hala, Rachmawaty Muchtar, Oslan Jumadi, A. Mushawwir Taiyeb
Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada hlm. 149-153
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011), hlm. 44. 2
Rineka Cipta, 2003), hlm. 37-38.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta,
Zailan Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2009 hlm 133-135
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.