Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya
Analysis of Student Learning Difficulties in Economics Subjects in Class XI Students of Muhammadiyah 1 Palangkaraya High School
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.6211Keywords:
Kesulitan Belajar, Pelajaran EkonomiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, populasi penelitian peserta didik kelas XI IPS 2 yang berjumlah 25 orang, dengan sampel penelitian 5 peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kesulitan belajar peserta didik dapat ditinjau dari beberapa indikator, yaitu: Peserta didik tidak dapat menguasai materi pelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, Lambat dalam mengerjakan tugas dan terlambat dalam menyelesaikan atau menyerahkan tugas, Prestasi belajar yang rendah, Siswa kurang menunjukkan kepribadian kurang baik, misalnya bandel, kurang sopan, dan tidak menyesuaikan diri dengan lingkungan. Berdasarkan hasil pada tiap indikator, kesulitan belajar peserta didik kelas XI IPS 2 dalam mata pelajaran ekonomi terbilang sedang sehingga mengindikasikan adanya kesulitan belajar yang di hadapi oleh peserta didik sehingga masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan supaya semakin baik secara keseluruhan.
Downloads
References
Abdurahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berksulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ermianto, E. (2022). Pengaruh Evaluasi Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa: The Effect Of Teacher Performance Evaluation On Student Learning Motivation. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 29–39. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3560
Juhairiah, S., & Yuwono, D. T. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0: The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361
Juhairiah, S., & Yuwono, D. T. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0: The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361
Lexy J. Moleong. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukarramah, M., & Riadin, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI SMA Muhammadiyah Kasongan: The Effect of Using the Wordwall Application on Economic Learning Outcomes for Class XI SMA Muhammadiyah Kasongan. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4365
Oktari, dkk. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa MI Hijriyah II Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Raharja. (2016). Ekonomi Untuk Kelas X SMA. Jakarta: Alfabeta.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Noorahman Noorahman, Endang Sri Suyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.