Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya Analysis of Student Learning Difficulties in Economics Subjects in Class XI Students of Muhammadiyah 1 Palangkaraya High School
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, populasi penelitian peserta didik kelas XI IPS 2 yang berjumlah 25 orang, dengan sampel penelitian 5 peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kesulitan belajar peserta didik dapat ditinjau dari beberapa indikator, yaitu: Peserta didik tidak dapat menguasai materi pelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, Lambat dalam mengerjakan tugas dan terlambat dalam menyelesaikan atau menyerahkan tugas, Prestasi belajar yang rendah, Siswa kurang menunjukkan kepribadian kurang baik, misalnya bandel, kurang sopan, dan tidak menyesuaikan diri dengan lingkungan. Berdasarkan hasil pada tiap indikator, kesulitan belajar peserta didik kelas XI IPS 2 dalam mata pelajaran ekonomi terbilang sedang sehingga mengindikasikan adanya kesulitan belajar yang di hadapi oleh peserta didik sehingga masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan supaya semakin baik secara keseluruhan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Abdurahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berksulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ermianto, E. (2022). Pengaruh Evaluasi Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa: The Effect Of Teacher Performance Evaluation On Student Learning Motivation. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 29–39. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3560
Juhairiah, S., & Yuwono, D. T. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0: The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361
Juhairiah, S., & Yuwono, D. T. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0: The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361
Lexy J. Moleong. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukarramah, M., & Riadin, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI SMA Muhammadiyah Kasongan: The Effect of Using the Wordwall Application on Economic Learning Outcomes for Class XI SMA Muhammadiyah Kasongan. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4365
Oktari, dkk. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa MI Hijriyah II Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Raharja. (2016). Ekonomi Untuk Kelas X SMA. Jakarta: Alfabeta.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.