Peningkatan Hasil Belajar Siswa IPS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dimasa Pandemi Covid-19

Improving Social Studies Learning Outcomes Using The Discovery Learning Learning Model During The Covid-19 Pandemic Period

Authors

  • Anggriany Anggriany Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Endang Sri Suyati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4364

Keywords:

Model Pembelajaran Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas VII MTS Nurul Haq Kasongan dengan menggunakan model pembelajran Discovery Learning. Untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kleas VII MTS Nurul Haq Kasongan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindkan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A yang berjumlah 20 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning  menjadi baik. Hal tersebut sesuai dengan data observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor 35 dengan kriteria tinggi. (2) Aktivitas guru dalam pembelajaran IPS menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning  menjadi baik. Hal terse-but sesuai dengan data observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor 36 dengan kriteria tinggi. (3) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning  pada pelajaran IPS materi Pokok Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan pada kelas VII A MTS Nurul Haq Kasongan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar yang mereka peroleh. Pada pra tindakan nilai rata-rata peserta didik adalah 68 dan hasil ketuntasan klasikal peserta didik 40%. Dimana nilai ini tidak mencapai KKM yakni 70 dan ketuntasan klasikal minimal yakni 80%. Kemudian pada siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 100%. Hal ini menunjukkan hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKM sehingga proses tindakan diberhentikan pada siklus I.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anggriany Anggriany, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Endang Sri Suyati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ade S. Permadi, R. (2020). JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING. Volume 5 Nomor 2, 48-52.

Agung Riadin dan M. Jailani (2019). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara CV Budi Utama. Deepublish.

Darmawan. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : PT Rineka Cipta

Diplan dan Setiawan, Andi M. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta :

Diplan dan Setiawan, Andi M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasarr, Inovasi Dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Fitri.Mariza.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Leraning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor.Jurnal Inpafi.

Fitriyah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Man Model Kota Jambi. Jambi. IAIN STS Jambi

Hamalik, Oemar. (2009). Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Roksadaya.

Hamdani, M.A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Iwan Setiawan, D. S. (2017). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Joice & Wells, 2003. Model Inquiry Learning Terbimbing. Model-Model Pem-belajaran K13Revisi 2017 | Cut Nisa Ulkhaira Muly- Academia.edu.(25 Maret 2022)

Maolani, Rukaesih dan Cahyana Ucu. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Matdio.Siahaan. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia. Edisi Khusus No. 1 (Juli 2020), 1-6.

Muhammad Afandi, S. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Semarang: UNISSULA Press.

Ningsih, S., & Jailani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Kelas VII pada SMP PGRI Tumbang Mirah Kecamatan Katingan Tengah: Efforts to Improve Learning Outcomes of Ips Students Through the Application of Working Methods of Class VII Groups in the Tumbang Mirah Middle School PGRI in Central Katingan District. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1–5.

Rineka Cipta.

Siregar Eveline, dkk. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT

Suhana Cucu .(2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Sukwiyaty, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Suyadi. (2013). Panduan Penelitian Kelas. jogyakarta: Diva Press 2013.

Suyono dan Hariyanto. (2017). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Syah, M. (2017). Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Windiyani, T. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP . Widyagogik, Vol. 7. No. 2 Januari-Juli 2020, 148-163.

Wiriaatmaadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Anggriany, A., & Suyati, E. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa IPS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dimasa Pandemi Covid-19: Improving Social Studies Learning Outcomes Using The Discovery Learning Learning Model During The Covid-19 Pandemic Period. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 44–52. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4364