Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Kartu Arisan SMA Negeri 3 Palangka Raya Efforts to Improve Economic Learning Outcomes Using the Arisan Card Type Learning Model in Palangka Raya Public High School 3
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui: (1) Mengetahui aktivitas peserta didik kelas XI-MIA 2 SMAN-3 Palangka Raya dalam pembelajaran Ekonomi dengan menggunkan model pembelajaran Kartu Arisan, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas XI-MIA 2 SMAN-3 Palangka Raya setelah menggunakan model pembelajaran Kartu Arisan. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab masalah yang dihadapi pada subjek penelitian. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI-MIA 2 SMAN-3 Palangka Raya dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peserta didik aktif pada saat pembelajaran ekonomi menggunakan model pembelajaran Kartu Arisan. Siklus I skor rata-rata 3,62 dengan kriteria baik. Pada siklus II meningkat skor rata-rata 3,83 dengan kriteria baik, (2) ada peningkatan hasil belajar ekonomi peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Kartu Arisan. Terlihat dari hasil belajar peserta didik pada tes awal memperoleh nilai rata-rata 67,50 (dibawah KKM≥80) dengan ketuntasan klasikal 21% dengan kriteria tidak tercapai. Siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,62 dengan ketuntasan klasikal 44% dengan kriteria tidak tercapai. Siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,71 dengan ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria terca pai.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dimiyanti Dan Mujiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rhineka Cipta
Hasbullah. (2006). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Perdasa.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-Undang Pendidikan No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara