Tingkat Kemampuan Literasi Digital Dan Berbahasa Inggris Mahasiswa Di Banjarmasin Untuk Mendukung Berwirausaha Digital
Digital Literacy And English Language Proficiency Of Students In Banjarmasin To Support Digital Entrepreneurial
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.5850Keywords:
Literasi Digital, Kemampuan Berbahasa Inggris, Wirausaha DigitalAbstract
Kemampuan literasi digital dan berbahasa Inggris sangat penting sekali dalam kehidupan mahasiswa di era sekarang. Persaingan yang ketat dalam dunia kerja menjadikan mahasiswa dituntut untuk dapat membuka peluang usaha sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan literasi digital dan berbahasa Inggris mahasiswa di Banjarmasin untuk mendukung berwirausaha digital. Penelitian ini didasarkan pada metode kuantitatif, dan dianalisis secara deskriptif. Sampel penelitian ini adalah para mahasiswa Politeknik Banjarmasin dengan jumlah sekitar 114 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat literasi digital dan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Dengan penguasaan kedua materi ini, mengakibatkan tingkat berwirausaha digital dikalangan mahasiswa juga meningkat.
Downloads
References
Darmalaksana, W. (2020) Jejak Kuliah Online: Metode Penelitian. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Herliani, E. (2020). Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa Dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Minat Baca Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Mahasiswa Asmi Cinus Banjarmasin): The Effect of Grammar Mastery and the Educational Environment on English Language Skills with Reading Interests as Varieties Between (Case Study Asmi Cinus Banjarmasin Students). Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1743
Indra, Y. (2008) Pengaruh Pasar Modern Terhadap Perilaku Berbahasa Masyarakat Kota Padang. Padang: Balai Bahasa Padang.
Isnaniah and Ningsih, R.P. (2022) ‘Digital Literacy Level and English Language Proficiency of College Students in Banjarmasin to Support Independent Learning Campus in the Technological Era 4.0’, LET : Linguistics , Literature and English Teaching Journal, 12(2), pp. 286–306.
Isnaniah and Ningsih, R.P. (2023) Literasi Digital dan Bahasa Inggris. Sebuah Pengantar Menghadapi MBKM, Cetakan Pertama, Januari 2023. Banten: CV. AA. Rizky.
Jerni et al. (2021) ‘Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa’, Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, 2(1), pp. 18–27. Available at: https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1038.
Juditha, C. (2013) ‘Literasi Media pada Anak di Daerah Perbatasan Indonesia dan Timor Leste’, JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 15(1), p. 47. Available at: https://doi.org/10.33164/iptekkom.15.1.2013.47-62.
Khoiriyah, R., Sudarno, S. and Setyowibowo, F. (2022) ‘Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha E-Business Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret’, Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), pp. 181–193. Available at: https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p181-193.
Laras, R. and Mutiah, A. (2022) Pengaruh Digital Literacy Dan Penggunaan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Digital ( Digital Entrepreneurship ) Pada Mahasiswa Tadris Ips Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nurjanah, E., Rusmana, A. and Yanto, A. (2017) ‘Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources’, Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), p. 117. Available at: https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737.
Riyantini, R. and Suprasti, D. (2020) ‘Karakteristik, Kemampuan Berbahasa Inggris dan Penggunaan Media Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Wisata’, Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), pp. 13–23.
Salahudin Permadi, A., & Anugrah Putra, C. (2022). Pengaruh Pair Recording Method Dan Audio Lingual Method Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris: The Effect Of Pair Recording Method And Audio Lingual Method On English Learning Outcomes. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3557
Salsabila, F. (2009) ‘Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital terhadap Perilaku Berwirausaha Sektor Kuliner yang Terdaftar Pada Aplikasi Go Food di Pasar Segar Kota Makassar’, Jurnal Manajemen dan. Kewirausahaan, 10(2), pp. 93–104.
Siregar, N.H. (2022) ‘Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), pp. 1–8. Available at: https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291.
Widyastuti, D.A.R., Nuswantoro, R. and Sidhi, T.A.P. (2016) ‘Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta’, Jurnal ASPIKOM, 3(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i1.95.
Wulandari et al. (2021) ‘Literasi Mahasiswa Mengenai Start up Business (Studi Kasus Di Universitas Nasional Karangturi Semarang)’, Applied Research in Management and Business, 1(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.53416/arimbi.v1i1.53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahma Pitria Ningsih, Susilawati Susilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.