Pengaruh Penggunaan Bahasa Inggris Pada Penamaan Produk dalam Peningkatan Nilai Jual Produk Pada Pelaku UMKM Kuliner Online di Banjarmasin
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan bahasa Inggris dalam penamaan produk terhadap nilai jual produk pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner online di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan metode survei terhadap konsumen UMKM kuliner online di Banjarmasin. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, sementara data sekunder diperoleh dari tinjauan literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Inggris dalam penamaan produk oleh UMKM kuliner online di Banjarmasin terbukti memberikan dampak positif terhadap minat konsumen dan penjualan. Namun, untuk mencapai keberhasilan jangka panjang, UMKM perlu mengembangkan strategi branding yang komprehensif dan berkualitas yang mempertimbangkan konteks budaya lokal dan kebutuhan konsumen.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Ahn, L.-J., Kim, S. and Lee, H. (2019) ‘The Impact of English on Consumer Perception in International Markets’, Journal of Global Marketing, 32(4), pp. 285–303.
Darmalaksana, W. (2020) Jejak Kuliah Online: Metode Penelitian. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Febrian, V., Imaddudin, I. and Athalarik, F.M. (2023) ‘Pengaruh Penamaan Merek Berbahasa Asing Terhadap Citra Merek Number Sixtyone Kota Bekasi Dengan Kognitif Konsumen Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Audience, 6(1), pp. 109–117.
Indra, Y. (2008) Pengaruh Pasar Modern Terhadap Perilaku Berbahasa Masyarakat Kota Padang. Padang: Balai Bahasa Padang.
Keller, K.L. (2003) Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. London, Inggris: Pearson Education.
Kursia, S. and Aziz, A.A. (2021) ‘PKM bagi Pelaku UMKM di Desa Barat Lamongan Kabupaten Selayar Tentang Pemanfaatan Ikan Laut menjadi Pangan Kering dan Bahaya Penggunaan Pengawet dalam Produk Makanan’, VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3), p. 42.
Lee, J.S., Lim, H. and Kim, D. (2016) ‘Brand Trust in the Context of Using English in Non-English-Speaking Countries’, Journal of Brand Management, 23(2), pp. 120–135.
Ningsih, R.P. and Susilawati (2023) ‘Tingkat Kemampuan Literasi Digital Dan Berbahasa Inggris Mahasiswa Di Banjarmasin Untuk Mendukung Berwirausaha Digital’, Neraca (Jurnal Pendidikan Ekonomi) [Preprint].
Nirwan, Semmaila, B. and Aminuddin (2021) ‘Peran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Dan Kemiskinan Di Kota Palopo’, Tata Kelola, 8(1), pp. 105–120.
Park, J.K. and Lee, T.M. (2009) ‘The Effect of Language on Consumer Perceptions of Brand’, International Journal of Research in Marketing, 26(1), pp. 20–28.
Stefani and Maupa, H. (2023) ‘Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk sanitary merek {Onda}’, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(2), pp. 318–328.
Sung, Y. and Tinkham, S.F. (2005) ‘Brand Personality Structures in the United States and Korea: Common and Culture-Specific Factors’, Journal of Consumer Psychology, 15(4), pp. 334–350.
Zhang, S., Li, X. and Wang, W. (2014) ‘The Competitive Advantage of English Brand Names in Non-English-Speaking Countries’, Journal of International Business Studies, 45(9), pp. 1092–1107.