Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa

The Relationship Between Social Support and Entrepreneurial Intentions in Students

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.6022

Keywords:

dukungan sosial, intensi berwirausaha, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa. Subjek penelitian merupakan mahasiswa fakultas ekonomi dengan jumlah 50 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan skala model likert dengan empat alternatif jawaban sehingga terbentuk skala dukungan sosial dan skala intensi berwirausaha. Data penelitian di analisis menggunakan teknik statistik korelasi product moment person correlations. Hasil analisis data penelitian diperoleh koefisien korelasi (r) antara dukungan sosial dengan intensi berwirausaha sebesar 0,490 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0.000. Kesimpulan hasil penelitian ini diketahui bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa. Semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi intensi berwirausaha. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah intensi berwirausaha pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Haris Munandar, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Herman Herman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dibyo Waskito Guntoro, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ajzen, I. (2005). Attitude, Personality and behavior. Edisi kedua. New York: Open University Press.

Azwar, S. (2014). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron & Byrne. (2000). Social psychology 9th Ed. Massachusetts: Pearson Education Company.

Hisrich, Robert, D.P, Dkk. (2008). Entrepreneurship kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Jawa Pos (2023). Tingkat Wirausaha Indonesia Masih Rendah. Berita Online. Di akses Januari 2023.

Juhairiah, S., & Yuwono, D. T. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0: The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361

Kail, & Cavanaugh. J. C. (2000). Human development: A life Span View 2th ed. United States: Wadsworth Thomson Learning.

Prawira, P, A. (2014). Psikologi kepribadian dengan perspektif baru. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Republika (2023). Timpang Jumlah Lulusan dan Lapangan Kerja, Perguruan Tinggi Harus Cetak Lulusan Mandiri. Berita Online. Di akses Januari 2023.

Rozikin , A. Z. (2022). Pengaruh Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha: The Effect Of Entrepreneurship Learning Results On Interest In Entrepreneurship . Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 20–24. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4351

Sarafino, E.P. (2006). Health psychology: biopsychosocial interanction (2nd.ed). New York: John Willey & Sons Inc.

Suharyadi. (2007). Membangun usaha sukses sejak usia dini. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Munandar, H., Herman, H., & Waskito Guntoro, D. (2023). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa: The Relationship Between Social Support and Entrepreneurial Intentions in Students. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 55–59. https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.6022