Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Karungut

Main Article Content

Herman Herman
Dhea Ningsih
Sulistiawati Sulistiawati

Abstract

Mentraformasikan dan memberikan materi pembelajaran IPS terhadap peserta didik di zaman pesatnya globalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap peserta didik akan sejarah, budaya, dan nilai – nilai yang terkandung di dalam kearifan lokal karungut sehingga peserta didik mampu meanalisis lingkugan dan keadaan sosial di sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode literatur review yang tentu saja menggunakan teknik kepustakaan baik bersumber dari buku, e-book, serta jurnal peneliti sebelumnya yang relevan dengan judul penelitian. Dimana penulis mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pembahasan atau penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal menunjukan bahwa nilai – nilai yang terkandung di dalam kearifan lokal karungut tentu saja sangat sejalan  dengan konsep - konsep pembelajaran IPS terutama antropologi yang mana  Kearifan Lokal karungut ternyata mempunyai banyak nilai- nilai seperti sejarah, budaya nilai moral dan etika bahkan nilai- nilai nasionalisme. karungut juga bisa menjadi salah satu pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di karenakan karungut adalah pantun yang di syairkan menggunakan Bahasa Dayak ngaju dengan iringan alat musik yang berupa kecapi dan gong sehingga pembelajaran terasa menarik dan menyenangkan dan tidak membosankan. Penerapan pembelajaran kearifan lokal karungut yang di masukan ke dalam pembelajaran IPS sangat efisien karena mengingat terdapat banyak nilai-nilai yang terkandung di dalam karungut sendiri serta sekaligus bisa lebih mengenal dan menjaga kearifan lokal yang artinya peserta didik ikut berpartisipasi dalam melestarikan salah satu jati diri bangsa yaitu  kearifan lokal yang  tentunya masuk di dalam budaya bangsa Indonesia khsususnya seni Dayak di kalimantan tengah

Downloads

Article Details

How to Cite
Herman, H., Ningsih, D., & Sulistiawati, S. (2025). Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Karungut. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 222–228. https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.9938
Section
Articles
Author Biographies

Herman Herman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dhea Ningsih, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Sulistiawati Sulistiawati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

ABADIE, A., ANGRIST, J., & IMBENS, G. (1999). Ruang Lingkup Antropologi

Gumiar, O. A., & Hum, S. (2023). Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah | 2023.

Herman, S., Studi, P., Mesin, T., Mesin, J. T., Teknik, F., Sriwijaya, U., Saputra, R. A., IRLANE MAIA DE OLIVEIRA, Rahmat, A. Y., Syahbanu, I., Rudiyansyah, R., Sri Aprilia and Nasrul Arahman, Aprilia, S., Rosnelly, C. M., Ramadhani, S., Novarina, L., Arahman, N., Aprilia, S., Maimun, T., … Jihannisa, R. (2019). Kearifan Lokal Rakyat Kalimantan Tengah “ Karungut Sasana Dayak” sebagai sumber belajar IPS di Era Globalisasi. Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1), 18–23.

Kharismawati, S. A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal “Manurih Gatah” melalui Teori Belajar

Humanistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 782–789.

Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. 3, 42–50.

Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580–1588. Santosa, E. (2015). Revitalisasi Dan Eksplorasi Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Konteks Pembangunan Karakter Bangsa. Forum, 40(2), 12–26. Suparya, I. K. (2022). Kajian Teoritis Perbandingan Kurikulum IPS di Indonesia dan Amerika. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 141. Tohri, A., Syamsiar, H., Rasyad, A., Hafiz, A., & Rizkah, R. (2022). Relevansi Metode Pembelajaran Ips Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Di Era Masyarakat Digital. Jurnal Teknodik, 26, 115–128. Yolandaru S, Endra Murti, & Ani Widayati. (n.d.). Modul PDF - 4. Pendekatan, Strategi, Metode, Model Pembelajaran - compile.