Penggunaan Media Facebook Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Recount Text
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v10i1.599Keywords:
Facebook, Recount TextAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan Facebook sebagai media belajar recount text untuk meningkatkan kemampuan menulis dan meningkatkan motivasi siswa semester I STAIN Palangkaraya pada tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan menulis siswa di media Facebook l dan meningkatkan motivasi mereka dalam menulis teks recount. Untuk mencapai tujuan, penelitian tindakan yang dirancang dan dilaksanakan melalui pre-test, siklus 1, dan siklus 2.Subjek penelitian ini adalah 32 siswa semester I STAIN Palangkaraya.menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Ada lima pertemuan dalam penelitian ini. Pertemuan pertama digunakan untuk melakukan pre-test, pertemuan kedua dan ketiga digunakan untuk melakukan siklus 1 dan formatiftest, dan pertemuan keempat dan kelima digunakan untuk melakukan siklus 2 dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari prestasi siswa. Rata-rata Para siswa di pre-test adalah (67,75), dalam tes formatif adalah (74,5), dan post-test adalah (79,25). Kemampuan Para siswa dalam menulis (organisasi, isi, tata bahasa, tanda baca, dan gaya dan ekspresi) di setiap tes membaik juga. Hasil lembar observasi menunjukkan bahwa setelah mempelajari teks menulis recount menggunakan media Facebook, para siswa menjadi lebih perhatian, aktif, tertarik lebih tertarik dan lebih serius dalam menulis. Analisis kuesioner menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Facebook dalam media pembelajaran mereka. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Facebook terhadap peningkatan keterampilan dan peningkatan motivasi siswa dalam menulis teks recount.
Downloads
References
Bartlett-Bragg, A. 2006. Reflections on Pedagogy: Reframing Practice to Foster Informal Learning with Social Software. Australia. Online.Available http://matchsz.inf.elte.hu/tt/docs/Anne20Bartlett-Bragg.pdf [accessed03/18/13]
Brown, H. D. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.
Byrne, Donn.1980. Teaching Writing Skill. London; Longman Group Ltd
Blanchard, K. L & Root, C. B. 1984.Ready to Write: First Composition Text. New York: Longman
Brown, H. D. 2004. Language Assessments, Principles and Classroom Practices. New York: Longman.
Boyd, D.M, Ellison, N.B. 2007. Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Michigan State Unversity. Online.Available athttp://mimosa.pntic.mec.es/mvera1/textos/redessociales.pdf [accessed 03/18/13]
Colton, D. & Covert, R. W. 2007.Designing and Constructing Instruments for Social Research and Evaluation.Jossey-Bass [e-book]. Available at http://ifile.it/h2co6km/0787987840.zip [september 2011]
Derewianka, B. 2004.Exploring How Text Work. Sydney: Primary English Teaching Association.
Eren, O. 2012. Studentsı Attitudes towards Using Social Networking in Foreign Language Classes: A Facebook Example. International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 20.
Harmer, J. 2001.The Practice of English Language Teaching. London: Longman.
Harmer, J. 2004. How to Teach Writing. Essex: Pearson Education Limited.
Harmer, J. B. 2004.How To Teach Writing.London: Longman Merchant, Guy. 2013. Unravelling the Social Network: Theory and Research. Learning, Media and Technology Vol. 37, No. 1, March 2012, Pp 4–19. London: Routledge. Available a http://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/17439884.2011.567992 [accessed
05/31/13]
Ormrod, J.E. 2010. How Motivation Affects Learning and Behavior. Online. Available at http://www.education.com/reference/article/motivation-affects-learningbehavior/[accessed 09/02/13]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License