Pengaruh Pengajaran Critical Thinking Terhadap Mahasiswa Dalam Argumentative Essay

Authors

  • A’am Rifaldi Khunaifi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.613

Keywords:

Critical Thinking, Argumentative Essay

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pengajaran berpikir kritis dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam Essay argumentatif . Secara khusus , itu diarahkan untuk menyelidiki apakah mengajar karya pemikiran kritis dan dapat memberikan efek positif terhadap Essay argumentatif Mahasiswa Untuk Semester Keenam Pada STAIN Palangka Raya Tahun Akademik 2013/ 2014. Populasi ini studyis kelas A dan Kelas B Semester Tujuh Pada STAIN Palangka Raya . Desain ini researchused Quasi eksperimental seperti yang dimaksudkan untuk mempelajari tentang kemampuan esai argumentatif mahasiswa . Dalam rangka untuk mengumpulkan data yang diperlukan , peneneliti menggunakan tes sebagai instrumen . Jenis tes dalam penelitian ini adalah Menulis Akademik untuk tes IELTS . Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik SPSS 19.0 dari t -test independen dan berpasangan - sample t -test , dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis data. Dari hasil tes . Perhitungan t -test independent dalam skor posttest pada kedua kelompok menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih tinggi dari tingkat signifikansi ( 0.194> 0.05 ) . Hal inimenunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol . Selain itu, perhitungan t -test berpasangan menunjukkan hasil uji sampel berpasangan ( 0,000<0,05) dimana ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen setelah perawatan .

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

A’am Rifaldi Khunaifi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Bailin,S Case, R.,Coombs, J and Daniels, L 1990a, Common Misconceptions of Critical Thinking; Journal of Curriculum Studies,31 (3) 269-283
Anderson, M & Anderson, K. 1997.Text Types in English. South Melbourne: Macmillan Education Australia.
Byrne, Donn.1980. Teaching Writing Skill. London; Longman Group Ltd
Blanchard, K. L & Root, C. B. 1984.Ready to Write: First Composition Text. New York: Longman
Brown, H. D. 2004. Language Assessments, Principles and Classroom Practices. New
York: Longman.
Colton, D. & Covert, R. W. 2007.Designing and Constructing Instruments for Social Research and Evaluation.Jossey-Bass [e-book]. Available at http://ifile.it/h2co6km/0787987840.zip [september 2011]
Derewianka, B. 2004.Exploring How Text Work. Sydney: Primary English Teaching Association.
Harmer, J. B. 2004.How To Teach Writing.London: Longman
Sugioyono, 2010.Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Downloads

Published

2014-03-06

How to Cite

Khunaifi, A. R. (2014). Pengaruh Pengajaran Critical Thinking Terhadap Mahasiswa Dalam Argumentative Essay. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 9(1), 52–63. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.613