Pengaruh Pengajaran Critical Thinking Terhadap Mahasiswa Dalam Argumentative Essay

Main Article Content

A’am Rifaldi Khunaifi

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pengajaran berpikir kritis dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam Essay argumentatif . Secara khusus , itu diarahkan untuk menyelidiki apakah mengajar karya pemikiran kritis dan dapat memberikan efek positif terhadap Essay argumentatif Mahasiswa Untuk Semester Keenam Pada STAIN Palangka Raya Tahun Akademik 2013/ 2014. Populasi ini studyis kelas A dan Kelas B Semester Tujuh Pada STAIN Palangka Raya . Desain ini researchused Quasi eksperimental seperti yang dimaksudkan untuk mempelajari tentang kemampuan esai argumentatif mahasiswa . Dalam rangka untuk mengumpulkan data yang diperlukan , peneneliti menggunakan tes sebagai instrumen . Jenis tes dalam penelitian ini adalah Menulis Akademik untuk tes IELTS . Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik SPSS 19.0 dari t -test independen dan berpasangan - sample t -test , dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis data. Dari hasil tes . Perhitungan t -test independent dalam skor posttest pada kedua kelompok menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih tinggi dari tingkat signifikansi ( 0.194> 0.05 ) . Hal inimenunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol . Selain itu, perhitungan t -test berpasangan menunjukkan hasil uji sampel berpasangan ( 0,000<0,05) dimana ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen setelah perawatan .

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khunaifi, A. R. (2014). Pengaruh Pengajaran Critical Thinking Terhadap Mahasiswa Dalam Argumentative Essay. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 9(1), 52–63. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.613
Section
Articles
Author Biography

A’am Rifaldi Khunaifi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Bailin,S Case, R.,Coombs, J and Daniels, L 1990a, Common Misconceptions of Critical Thinking; Journal of Curriculum Studies,31 (3) 269-283
Anderson, M & Anderson, K. 1997.Text Types in English. South Melbourne: Macmillan Education Australia.
Byrne, Donn.1980. Teaching Writing Skill. London; Longman Group Ltd
Blanchard, K. L & Root, C. B. 1984.Ready to Write: First Composition Text. New York: Longman
Brown, H. D. 2004. Language Assessments, Principles and Classroom Practices. New
York: Longman.
Colton, D. & Covert, R. W. 2007.Designing and Constructing Instruments for Social Research and Evaluation.Jossey-Bass [e-book]. Available at http://ifile.it/h2co6km/0787987840.zip [september 2011]
Derewianka, B. 2004.Exploring How Text Work. Sydney: Primary English Teaching Association.
Harmer, J. B. 2004.How To Teach Writing.London: Longman
Sugioyono, 2010.Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung