Identifikasi Kesulitan Belajar Reading Comprehension dalam Ujian TOEFL pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Identification of Difficulties in Learning to Reading Comprehension in the TOEFL Examination for Students in the Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.829Keywords:
Kesulitan belajar, Reading ComprehensionAbstract
Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan atau faktor yang dominan mengapa Mahasiswa mengalami kesulitan dalam soal Reading Comprehension pada ujian TOEFL pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa semester tinggi di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 20 orang. Jenis penelirian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Mahasiswa semester tinggi UM Palangkaraya kurang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan dalam menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan yang dimiliki Mahasiswa sangat rendah dan belum dapat dikuasai oleh Mahasiswa. Untuk mengatasi mengatasi kesulitan membaca pada mahasiswa semester tinggi adalah melakukan berbagai latihan dan penugasan.
Downloads
References
Deded Koswara. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik. Bandung: Luxima metro media.
Martini Jamaris. (2013). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mulyono Abdurrahman. (2009).Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
James, McLeskey., Michael S. Rosenberg., & David L. Westling. 2013. Inclusion Effective Practices for All Students. Pearson: United State America.
Pollard, Lucy. (2008). Teaching English. UK: Longman.
Samsu Somadayo. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: CV Alfa Beta
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. (2015). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License