Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kemempuan Kerja Sama dalam Kelompok Belajar Mahasiswa PGSD Semester I Universitas Palangka Raya
Relationship between Social Intelligence and the Facilitation of Cooperation in the Study Group of PGSD Students in the First Semester of Universitas Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.834Keywords:
potensi mahasiswa, metode kerja kelompok, Sikap sosialAbstract
Dalam penelitian ini terdapat tujuan yang ingin dicapai, oleh peneliti guna memperdalam ilmu pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan hubungan kecerdasan sosial dengan kerja belajar kelompok peserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan sosial dengan kemampuan kerja sama dalam kelompok belajar mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Palangka Raya. Metode penelitian digunakan sebagai acuan peneliti untuk melakukan penelitian, penggunaan metode yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian, dengan demikian maka penelitian ini menggunakan metode korelsional Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kemampuan peserta didik dalam belajar kelompok terhadap tingkat kecerdasan sosial peserta didik, semakin tinggi tingkat keserdasan maka akan berpengaruh positif terhadap kerja sama ketika terlibat dalam kegiatan belajar kelompok. Hal tersebut sesuai dengan hasil analisis yang diperoleh dari pengujian hipotesis dalam penelitian yang peneliti telah lakukan.
Downloads
References
Kamus Besar bahasa indonesi, 2005, Jakarta: kompas
Kartadinata Sunaryo, 1999. Bimbingan di Sekolah Dasar, DEPDIKBUD
Margono, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.
Muijs, Daniel & Reynolds, David, 2008. Efektive Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munandar, Sulaeman, 2000. Ilmu Budaya Dasar, Bandung: Revika Aditama
Nazir, Moh, 2005. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Roestiyah, N.K.,2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Renika Cipt
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License